Kinerja Pemerintahan Zaki di Anggaran 2014 Dinilai DPRD Berhasil

Kinerja Pemerintahan Zaki di Anggaran 2014 Dinilai DPRD Berhasil, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kinerja Pemerintahan Zaki di Anggaran 2014 Dinilai DPRD Berhasil, Berita322

Kinerja Pemerintahan Zaki di Anggaran 2014 Dinilai DPRD Berhasil, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kinerja Pemerintahan Zaki di Anggaran 2014 Dinilai DPRD Berhasil, 322, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kinerja Pemerintahan Zaki di Anggaran 2014 Dinilai DPRD Berhasil

Bupati Tangerang Ahmed  Zaki Iskandar.
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Jumat (01/05/2015), ada momentum penting bagi masyarakat Kabupaten Tangerang digedung DPRD Tigaraksa. Momen tersebut menjadi bukti nyata bahwa masyarakat Kabupaten Tangerang tidak salah memilih Ahmed Zaki Iskandar sebagai bupati pada Pilkada Tahun 2012 lalu.

Hari itu, para wakil Kabupaten Tangerang menyatakan dan memberikan apresiasi atas keberhasilan pemerintahan Zaki dalam mengulirkan dan menciptakan program bagi masyarakat pada Tahun Anggaran 2014.

Penilaian tersebut disampaikan DPRD setelah Zaki menyampaikan Laporan Keterangan Pertangungjawanan (LKPJ) Tahun Anggaran 2014 melalui Sidang Paripurna di Gedung wakil rakyat itu.

Setiap Tahun Anggaran putra Ismet Iskandar ini, mendapatkan penilaian baik dari DPRD dan berbagai pihak karena dianggap sukses dalam membangun dan melayani masyarakat Kabupaten Tangerang.

DPRD bisa memberikan penilaian setelah Panita khusus (Pansus) LKPJ, yang dibentuk DPRD Kabupaten Tangerang melakukan evaluasi pada seluruh kegiatan dan program yang jalankan pemerintahan Zaki di Tahun 2014.

Jadi tak heran, bupati yang sudah menjabat kurang lebih tiga tahun ini dianggap berhasil membangun Kabupaten Tangerang. Berbagai program pembanguna  pro-rakyat diseluruh bidang telah digulirkan dan kini dirasakan masyarakat.

Tak hanya itu kepemimpinan Zaki juga membawa Kabupaten Tangerang meraih berbagai penghargaan karena kinerjanya yang membanggakan. Moto ‘Tangerang Gemilang’ kini semakin pantas dimiliki Kabupaten Tangerang.

Menurut Zaki, Keberhasilan Zaki juga didukung oleh Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, sebagaimana telah diubah untuk kedua kalinya dengan UU Nomor 12 tahun 2008.

Dimana Undang-Undang tersebut katanya,telah memberikan kewenangan kepada Pemerintahan Daerah untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan serta keragaman daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Masih kata Zaki, untuk terwujudnya pelaksanaan otonomi daerah sejalan dengan upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, bertanggungjawab serta mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yang baik, Bupati melaporkan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada DPRD Kabupaten Tangerang Tahun Anggaran 2014 dalam bentuk LKPJ bupati. 

“Bagi DPRD  LKPJ ini  dijadikan salah satu bahan evaluasi terhadap kinerja  pemerintah daerah. Seluruh kegiatan pembangunan pada tahun anggaran 2014 dilaporkan secara transparan dan terbuka. Sehingga DPRD
Kabupaten Tangerang yang merupakan representatif dari perwakilan rakyat dapat menilai langsung kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah,”terang Zaki.

Dalam menyusun program dan kebijakan pembangunan Zaki menyatakan berpedoman kepada RPJMD Tahun 2013-2018 yang merupakan rel bagi pelaksanaan pembangunan daerah Agar terjadi keseimbangan antara RPJMD dan kebutuhan masyarakat dibawah, bupati juga sangat merespon aspirasi dan keinginan masyarakat yang bersifat mendesak.

Zaki mengaku, berbagai keberhasilan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Tangerang bisa terwujud berkat kerjasama yang baik antara pihak eksekutif, legislatif dan masyarakat yang senantiasa telah berusaha dan bekerja secara maksimal dalam mewujudkan berbagai kebijakan, program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Semua dapat berjalan dengan baik juga berkat dukungan semua pihak terutama masyarakat Kabupaten Tangerang,””terang Bupati Zaki.

Kabupaten Tangerang yang memiliki luas wilayah 959,6 Km2 dengan ketinggian 85 mdpl merupakan daerah terluas di Provinsi Banten. Berdasarkan data BPS jumlah penduduk Kabupaten Tangerang mencapai 3,15 juta orang, terdiri dari 1,61 juta laki-laki dan 1,54 juta perempuan, yang tersebar di 29 kecamatan.

Dalam rentang waktu perencanaan pembangunan tentunya sering terjadi dinamisasi yang mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap pelaksanaan pembangunan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi langsung antara lain perubahan strktur perdesaan menjadi perkotaan, perubahan struktur organisasi tata kerja, serta kebijakan –kebijakan pembangunan lainnya yang bersifat prirotas dan harus segera dilaksanakan.

Sedangkan faktor yang tidak terkait langsung, tetapi dirasakan mempengaruhi adalah adanya perubahan indicator pada sosial ekonomi baik makro maupun mikro, serta kebijakan nasional dan lainnya.

Untuk itu, pada tahun 2014 pemerintah daerah telah menetapkan delapan program prioritas yang telah berhasil dilaksanakan. Pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.(Adv)

Prioritas Pembangunan Pada Tahun 2014

1. Peningkatan akses dan kualitas pelayanan pendidikan

2. Peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan

3. Pemerataan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan penciptaan iklim investasi   yang kondusif

4. Sinergitas penanggulangan kemiskinan dan perluasan penciptaan lapangan kerja

5. Peningkatan ketersediaan dan pemerataan infrastruktur wilayah

6. Peningkatan daya dukung dan daya tampung lingkungan untuk pembangunan

7. Peningkatan kualitas lingkungan permukiman dan PHBS

8. Perwujudan reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan.
Tema pembangunan tahun 2014 yang diusung oleh pemerintah daerah adalah” “Pemantapan Perekonomian Daerah yang Didukung oleh Kualitas Pelayanan Dasar dan Infrastruktur Wilayah dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,telah dibuktikan oleh bupati dengan menurunya angka kemiskinan di Kabupaten Tangerang.

PENYELENGGARAAN TUGAS PEMBANTUAN
Dinas Kesehatan
Program Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak  kegiatan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dengan output bantuan operasional 43 Puskesmas kesehatan dan penyelenggaraan lokakarya mini untuk menunjang pencapaian Standar Pelayanan Minimal.

Dinas Pertanian dan Peternakan
Program Peningkatan Produksi, Produktivitas dan Mutu Tanaman Pangan untuk Mencapai Swasembada dan Swasembada Berkelanjutan.

Dinas Perikanan dan Kelautan
Program : Pengelolaan Sumber Daya Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil dengan kegiatan Pendayagunaan Pesisir dan Lautan (Pengembangan Desa Pesisir Tangguh – PDPT).

Program Peningkatan Produksi Perikanan Budidaya dengan kegiatan Pengembangan Sistem Kesehatan Ikan dan Lingkungan Pembudidayaan Ikan ,Pengembangan Sistem Pembenihan Ikan, Pengembangan Sistem Prasarana dan Sarana Pembudidayaan Ikan, Pengembangan Sistem Produksi Pembudidayaan, Pengembangan Sistem Pembudidayaan Ikan, Peningkatan Dukungan Manajemen.

Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang
Program Pembinaan Upaya Kesehatan Kegiatan Pembinaan Upaya Kesehatan Rujukan.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Program Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja dengan Keg. Pengembangan dan Penongkatan Perluasan Kesempatan Kerja.

Dinas Cipta Karya
Program Pembinaan dan Pengembangan Infrastruktur
Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) kegiatan yang dilaksanakan pembangunan Paving Blok dan saluran Drainase.
Badan Ketahanan Pangan, Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Program Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kegiatan Peningkatan Kemandirian Masyarakat Perdesaan (PNPM).

Bagian Pemerintahan Desa
Bantuan Keuangan kepada Pemerintah Desa.

Dinas Pendidikan
Hibah langsung dana BOS Pusat jenjang SD/SMP dan jenjang SMA/SMK dari Kementerian Pendidikan yang langsung diterima oleh sekolah di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang.

PRESTASI PEMERINTAH DAERAH
1. Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan daerah yang ke 6 kalinya.
2. Penghargaan oleh La tofi untuk Gebrak Pakumis.
3.Juara I Lomba Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Tingkat Provinsi Banten (diraih oleh Pokmaswas Cipasilian Desa Pasilian Kecamatan Kronjo).
4.Juara I Lomba Pembudidaya Ikan Air Payau Tingkat Provinsi Banten (diraih oleh kelompok  Mina Kronjo, Desa Kronjo Kecamatan Kronjo.
5.Juara 3 Lomba Kelompok Pengolahan Perikanan Tingkat Provinsi Banten (diraih oleh  Kelompok Bunga Tanjung).
6.Juara III Lomba Budidaya Ikan Lele Tingkat Nasional (diraih oleh kelompok Mina Usaha Mandiri Desa Pasir Muncang Kecamatan Jayanti).
7.Juara II Lomba Kelompencapir Tingkat Tingkat Regional (diraih oleh kelompok Mina Usaha Mandiri Desa Pasir Muncang Kecamatan Jayanti.
Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2014 diraih oleh SMPIT Insan Madani.
8.Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Kategori B kepada Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang dari Perpustakaan Nasional RI.
9.Juara I Penyuluh Teladan Tingkat Nasional diraih oleh H. Sopandi (Penyuluh pada Badan Ketahanan Pangan, Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat).
10.Juara I Penyuluh Terbaik Tingkat Nasional diraih oleh Moh. Irha Syah (Pegawai pada Badan Ketahanan Pangan, Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat).
11.Juara I Terbaik Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Tingkat Nasional diraih oleh BPP Kaliasin.
12.Penghargaan kepada dua Koperasi Berprestasi pada Tingkat Nasional yaitu Koperasi Abdi Kerta Raharja dan Koperasi Karyawan PT Adis Balaraja.
13.Penghargaan Satya Lencana Abdi Koperasi kepada Bupati Tangerang dari Kementerian Koperasi.
Penghargaan Pasar Tertib Ukur untuk Pasar Kelapa Dua di tingkat Nasional.
14.Juara I Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi  Banten diraih oleh SD Tarakanita.
15.Juara II Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi  Banten diraih oleh SMP I Balaraja.
16.Juara II Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Banten  diraih oleh MAN Tigaraksa.
17.Juara I Lomba Cerdas Cermat Dokcil Tingkat Provinsi Banten  diraih oleh SDN  III Tigaraksa.
18.Juara II Kader Kesehatan Remaja (KKR) Tingkat Provinsi Banten  diraih oleh Dewi ( SMP I Balaraja).
19 Juara I Dokter Gigi Teladan Tingkat Provinsi Banten  diraih oleh drg. Devi Oktora MKM (Puskesmas Kelapa Dua)
20. Juara I Bidan Teladan Tingkat Provinsi Banten  diraih oleh Badriah, Am Keb (Puskesmas Mauk).
21.Juara I Tenaga Kesehatan Lingkungan Teladan Tingkat Provinsi Banten  diraih oleh Mulyadi , Am KL
22.Juara I Lomba Balita Tingkat Provinsi Banten  diraih oleh M. Firza Alkeandre (15 bln) (Puskesmas Kutabumi).
23.Juara I Lomba Balita Tingkat Provinsi Banten  diraih oleh Zivana Mastawa M (49 bln) (Puskesmas Cikupa).
24.Juara I Puskesmas Teladan Tingkat Provinsi Banten  diraih oleh Puskesmas Kelapa Dua.
25.Kabupaten Sehat Swastisaba “Wiwerda” Tingkat Provinsi Banten atas nama Kabupaten Tangerang.
26.Kepala Daerah yang Peduli Kesehatan Ibu dan Anak karena telah membuat Peraturan Bupati tentang Pedoman Pelayanan Rujukan Tingkat Nasional dari Kementerian Kesehatan RI.
27.Lomba  Penyulaman Tanaman dan Kebersihan Lingkungan dan Penyediaan Ruang Laktasai bagi Karyawati dan Penerapan Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Pemerintahan
28.SINDO WEEKLY AWARD  Kategori Koperasi dan UMKM.