Khenoki-Era diprediksi Memenangkan Pilkada Nias Barat

Khenoki-Era diprediksi Memenangkan Pilkada Nias Barat, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Khenoki-Era diprediksi Memenangkan Pilkada Nias Barat, Berita877

Lembaga Survey Indikator Politik Indonesia Adam Kamil saat merilis hasil survey Indikator di Tangerang, Sabtu 28/11-2020.
Lembaga Survey Indikator Politik Indonesia Adam Kamil saat merilis hasil survey Indikator di Tangerang, Sabtu 28/11-2020.

TRUST NIAS-Pasangan Khenoki Waruwu dan Era Era Hia diprediksi memenangkan Pilkada Kabupaten Nias Barat Provinsi Sumatera Utara. Prediksi tersebut disampaikan oleh Direktur Riset Lembaga Survey Indikator Politik Indonesia Adam Kamil saat merilis hasil survey Indikator di Tangerang, Sabtu 28/11-2020.

Menurut Adam Kamil, survey Indikator ini dilakukan selama masa kampanye dari tanggal 18-22 November 2020, hasilnya Khenoki-Era Era semakin meninggalkan lawannya dengan memperoleh 51,6 persen, sementara Eliyunus-Mareko (Elmar) hanya 25,5 persen, dan yang belum menentukan pilihannya 22,9 persen.

Sebelumnya, Indikator pernah melakukan survey sebelum kedua pasangan calon mendaftar di KPUD yang dilakukan dari tanggal 23-29 Agustus 2020, pasangan Khenoki-Era Era unggul dengan memperoleh 33,8 persen, sementara Eliyunus-Mareko (Elmar) 20 persen dan yang belum menentukan pilihannya 46,2 persen.

Dengan meningkatnya presentasi yang memilih Khenoki-Era Era pada survey kedua ini maka diprediksi pasangan yang diusung Partai Hanura dan PAN tersebut akan memenangkan pilkada.

Adam Kamil menambahkan, adapun alasan utama memilih Khenoki-Era Era adalah keduanya perhatian kepada rakyat, ramah/santun, berpengalaman di bidang politik dan pemerintahan, jujur/bersih dari praktek KKN, sederhana serta program yang ditawarkan selama kampanye menyentuh kepentingan masyarakat dan diyakini bisa diwujudkan.

Lebih lanjut Adam Kamil mengatakan bahwa penarikan sampel ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sekitar ±4.9% pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh kecamatan yang terdistribusi secara proporsional.

Menanggapi hasil survey tersebut, calon Wakil Bupati Nias Barat Era Era Hia bersyukur atas kepercayaan masyarakat Nias Barat tersebut, semoga saja hasil survey ini sama hasilnya dengan hasil pilkada.

Lebih lanjut pria yang pernah mengenyam pendidikan S2 dan S3 ilmu pemerintahan IPDN ini mengatakan bahwa seluruh tim harus tetap kerja keras dan mengawal TPS serta mengantisipasi money politik agar demokrasi berjalan dengan baik. (Dik)