Kementerian Perhubungan Sediakan Mudik Lebaran Gratis

Kementerian Perhubungan Sediakan Mudik Lebaran Gratis, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kementerian Perhubungan Sediakan Mudik Lebaran Gratis, Berita459

Kementerian Perhubungan Sediakan Mudik Lebaran Gratis, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kementerian Perhubungan Sediakan Mudik Lebaran Gratis, 459, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kementerian Perhubungan Sediakan Mudik Lebaran Gratis

Sejumlah mahasiswi cantik, saat memberikan selebaran, kaos, serta topi sosialisasi mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub RI, di Jalan TMP Taruna, Cikokol, Kota Tangerang.
Sejumlah mahasiswi cantik, saat memberikan selebaran, kaos, serta topi sosialisasi mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub RI, di Jalan TMP Taruna, Cikokol, Kota Tangerang.

TRUSTKOTACOM – Dalam rangka mengantisipasi tingginya kecelakaan lalu lintas menjelang mudik lebaran nanti, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI), Senin (15/07/2013) sore, menggelar sosialisasi mudik gratis, di Jalan TMP Taruna, Cikokol, Kota Tangerang

Acara rutin tahunan ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dalam berkendaraan menjelang mudik mendatang. Pasalnya di tahun 2012 lalu, Kepolisian RI mencatat, ada sebanyak 908 jiwa meninggal dunia dari 5.233 kecelakaan lalu lintas dan 72 persennya melibatkan kendaraan sepeda motor.

Sejumlah mahasiswi cantik, juga nampak berpartisipasi membantu memberikan selebaran, striker, kaos serta topi yang bergambar ajakan berbudaya tertib berlalu lintas, kepada pengguna lalu lintas di jalan tersebut.

“Sosialisasi ini merupakan acara rutin Kemenhub, menjelang mudik lebaran. Tujuannya adalah agar menciptakan kenyamanan dalam lalu lintas, maka dari itu kami memberikan pelayanan mudik gratis bagi pengendara sepeda motor, yakni dengan mengangkut menggunakan truk, bus, serta kapal laut,” kata Kasubid Publikasi Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan RI, Nuris Rumadi, kepada trustkota.com.

Menurutnya, route yang disediakan dalam mudik gratis tersebut melingkupi, Jakarta-Jawa Tengah, Jakarta-Jawa Barat serta Jakarta-Lampung, bagi yang menggunakan angkutan darat seperti, truk dan bus. Semetara bagi yang menggunakan angkutan kapal laut disediakan route, Tanjung Priuk, Jakarta-Tanjung Emas, Semarang.

“Bagi masyarakat yang ingin mendaftar dalam mudik gratis ini dapat menghubungi kantor Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan RI, sesuai dengan yang tertera dalam selebaran yang kami bagikan kepada pengguna jalan. Persyaratannya hanya memiliki surat-surat berkendara lengkap,” paparnya.

Nuris Rumadi berharap, dengan terselenggaranya sosialisasi tersebut, masyarakat Kota Tangerang yang pada umumnya di dominasi kaum urban dapat menikmati mudik gratis itu, agar lalu lintas di kota itu aman, lancar dan terkendali.

“Saya harap dengan diselenggarakan acara ini, masyarakat Kota Tangerang dapat melaksanakan mudik lebaran bersama keluarga dengan tertib dan aman,” pungkasnya.

Sementara, Bagian Pendidikan dan Rekayasa (Dikdiasa) Lalu Lintas Polres Metro Tangerang, AKP Tina mengatakan, sosialisasi mudik gratis tersebut merupakan acara yang mempunyai nilai positif. Bahkan acara tersebut juga dirasakan dapat membantu menciptakan keamanan serta kenyamanan lalu lintas di kota Ahklakul Karimah ini.

“Terima kasih, kami dari kepolisian Lalu lintas Polres Metro Tangerang, memberikan apresiasi yang besar terhadap acara mudik gratis yang di selenggarakan Kemenhub RI. Karena acara tersebut dapat mengurangi volume kendaraan pada mudik lebaran nanti,” ucapnya. (ges)