Kejurwil Bela Diri Tapak Suci se-Banten

Kejurwil Bela Diri Tapak Suci se-Banten, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kejurwil Bela Diri Tapak Suci se-Banten, Berita470

Kejurwil Bela Diri Tapak Suci se-Banten, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kejurwil Bela Diri Tapak Suci se-Banten, 470, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kejurwil Bela Diri Tapak Suci se-Banten

Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

TRUSTKOTACOM – Kejuaraan wilayah (Kejurwil) ke-2 perguruan seni bela diri Tapak Suci Putera Muhammadiyah se-Provinsi Banten, digelar di Gelanggang Olah Raga (GOR) Dimyati, Kelurahan Sukasari, Kota Tangerang.

Kejuaraan yang diikuti 32 kontingen Tapak Suci se-Banten ini, digelar sejak Jumat (27/09/2013) sampai Minggu (29/09/2013).

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), M Ali Taher Parasong mengatakan, Kerjurwil ini diselenggarakan dalam rangka mencari bibit-bibit unggul atlet tapak suci di Banten, guna dilatih dan bisa berpartisipasi dalam kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional.

“Ada 32 kontingen dari sembilan pimpinan daerah se-Banten yang mengikuti kejuaraan ini,” ujar Ali Taher usai membuka turnamen, Jumat (28/9) malam.

Menurutnya, meskipun Tapak Suci adalah organisasi otonom di bawah naungan Muhammadiyah, namun penyebaran seni bela diri ini cukup luas, hingga ke Belanda, Singapura, Malaysia, Vietnam, Fhilipina dan Kamboja.

“Salah satu tujuan digelarnya acara ini adalah, kami ingin Provinsi Banten ini menjadi pilar utama seni beladiri Tapak Suci di tingkat nasional,” tegasnya.

Masih kata Ali Taher, dirinya berniat akan menggelar kejuaran seperti ini, setiap enam bulan sekali.

“Hal ini dilakukan agar proses pembibitan dan regenerasi berjalan maksimal, sehingga Banten ini jadi acuan tingkat nasional. Karena Tapak Suci bukan sekedar aliran seni beladiri, tapi juga sarana untuk mensyiarkan dakwah, khususnya kepada generasi muda,” kata pria yang juga menjabat sebagai Staff Ahli Menteri Kehutanan RI ini.

Ali Taher menambahkan, mengatakan bahwa ada sebanyak 120 peserta remaja dan dewasa yang mengikuti Kerjuwil ini dan akan bertanding di sejumlah kategori.

“Saya harap bukan menang atau kalah yang jadi motivasi, tapi semangat kebersamaan dan sportivitas yang ditekankan, agar tercipta iklim kompetisi yang sehat,” ujarnya.

Sementara, Ketua Pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Hasbullah mengatakan, dalam setiap ajang Pekan Olahraga Nasional (PON), Tapak Suci adalah penyumbang atlet terbesar.

“Selain itu, saat ini setiap ajang Sea Games, Tapak Suci kerap ditampilkan dalam acara penutupan. Semua itu harus bisa jadi motivasi para generasi muda Muhammadiyah dalam menggapai prestasi yang lebih tinggi,” pungkasnya. (tmn/ges)