Kedatangan Jamaah Haji Serang Molor 3 Jam

Kedatangan Jamaah Haji Serang Molor 3 Jam, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kedatangan Jamaah Haji Serang Molor 3 Jam, Berita170

Kedatangan Jamaah Haji Serang Molor 3 Jam, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kedatangan Jamaah Haji Serang Molor 3 Jam, 170, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kedatangan Jamaah Haji Serang Molor 3 Jam

Kedatangan 250 jemaah haji kloter 48 asal Kabupaten Serang, molor dari jadwal.
Kedatangan 250 jemaah haji kloter 48 asal Kabupaten Serang, molor dari jadwal.

TRUSTKOTACOM– Kedatangan 250 jemaah haji kloter 48 asal Kabupaten Serang, molor selama tiga jam dari jadwal yang direncanakan. Keterlambatan tersebut dipicu oleh kendala teknis pesawat saat akan berangkat dari bandara Abdul Aziz, Jeddah pukul 01.00 ditunda hingga pukul 04:00 waktu jeddah. Akibatnya jamaah haji yang direncanakan mendarat di bandara Soekarno hatta pukul 07:45 molor hingga pukul 11:10.

“Ada kendala teknis pada pesawat maskapai penerbangan sehingga kedatangan jemaah terlambat hingga tiga jam. Belum jelas jenis kendala apa yang dihadapi namun begitu tetap berucap syukur karena jamaah bisa pulang dengan selamat,” kata Kepala Kementrian Agama (kemenag) Kabupaten Serang, Machdum Bactiar kepada wartawan saat menyambut kedatangan jamaah haji kloter 48, kamis (29/11).

Machdum menambahkan, kedatangan kloter 48 tersebut merupakan kloter terakhir dari Kabupaten Serang. Dengan begitu 974 jemaah haji yang berangkat tahun ini secara keseluruhan telah kembali ke tanah air dengan selamat tanpa ada yang meninggal maupun sakit.

Menurut Machdum, secara keseluruhan penyelenggaraan haji kali ini terbilang cukup baik dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut terlihat dari tidak adanya kendala vital yang dihadapi jamaah haji dari segi Catering, penginapan, maupun transportasi.

“Penyelenggaraan haji kali ini cukup baik, tidak ada kendala vital yang dialami para jamaah haji  selama berangkat hingga pulang kembali ke tanah air,” katanya.

Meski penyelenggaraan haji lanjut Machdum, tahun ini telah selesai kemenag kabupaten Serang masih mempunyai pekerjaan rumah yang cukup berat mengingat waiting list (Daftar tunggu) calon jemaah haji masih menumpuk dan diperkirakan jika tak bertambah, waiting list baru akan selesai pada 2021 mendatang.

“Jika dihitung secara keseluruhan se-Provinsi Banten waiting list calon jemaah haji seudah mencapai angka 70.000 lebih sedangkan kuota pertahun hanya 8.851 saja dari kuota tersebut Kabupaten Serang hanya mendapat kuota 947. Jika kuota tahun depan tidak berubah dan pendaftar haji tidak bertambah diperkirakan waiting list di kemenag Kabupaten Serang baru akan selesai pada tahun 2021,” terangnya.

Salah seorang penjemput jamaah haji asal kecamatan Ciomas, Tatu mengaku, dirinya yang telah menunggu kedatangan sesuai jadwal awal cukup khawatir mendengar keterlambatan tersebut. “Saya sempat khawatir saat mendengar kabar keterlambatan itu. Takunya terjadi apa-apa,” katanya. (tmn)