Kantor Pos Pusat Tangerang Diserbu Penerima BLSM

Kantor Pos Pusat Tangerang Diserbu Penerima BLSM, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kantor Pos Pusat Tangerang Diserbu Penerima BLSM, Berita938

Kantor Pos Pusat Tangerang Diserbu Penerima BLSM, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kantor Pos Pusat Tangerang Diserbu Penerima BLSM, 938, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kantor Pos Pusat Tangerang Diserbu Penerima BLSM

Antrian warga saat pengambilan dana BLSM di Kantor Pos Pusat Tangerang, Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, Selasa (25/06/2013).
Antrian warga saat pengambilan dana BLSM di Kantor Pos Pusat Tangerang, Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, Selasa (25/06/2013).

TRUSTKOTACOM – Kantor Pos Pusat Tangerang, Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, Selasa (25/06/2013) siang, nampak ramai. Pasalnya, penyaluran dana Bantuan Langsung Sementara (BLSM) untuk masyarakat miskin yang seharusnya dijadwalkan pada tanggal 1 Juli 2013, dipercepat.

“Dipercepatnya penyaluran BLSM ini, merupakan instruksi dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, pada Senin (24/06/2013) kemarin. Sebenarnya pengambilan bisa dilakukan di kantor pos cabang manapun karena pendataan menggunakan sistem online, tapi di kantor cabang petugasnya cuma dua orang, dikhawatirkan nanti tidak tertangani. Jadi kita instruksikan kepada kantor pos cabang agar menyarankan warga yang sudah memiliki Kartu Peduli Sosial (KPS) mengambil BLSM di sini,” kata Kepala Kantor Pos Pusat Tangerang Toto, kepada wartawan.

Menurutnya, meski hal tersebut berisfat dadakan, pihaknya langsung menyiagakan sekitar 20 petugas untuk melayani warga yang akan mengambil BLSM.

“Dalam pengambilannya kita pakai sistem antrian langsung, cara ini lebih baik, dari pada memakai sistem nomor urut. Sebab pengalaman kemarin saat BLT, banyak warga yang tidak sabar dan terjadi dorong-dorongan. Jadi kita atur saja antriannya, namun, khusus warga yang jompo tidak perlu mengantri,” katanya.

Toto menambahkan, jumlah penerima BLSM di Kota Tangerang mencapai 47.394 orang dengan total anggaran Rp 14 miliar. Jumlah itu berdasarkan data warga miskin tahun 2011 dari Badan Pusat Statistik. Dana yang diberikan Rp 150 ribu per bulan, sejak Juli-Oktober.

“Tapi sesuai instruksi, dana yang disalurkan kepada warga langsung untuk dua bulan, Juli – Agustus, sejumlah Rp 300 ribu. Jadi nanti warga mengambil lagi pada September. Sementara untuk persyaratan mengambil BLSM, warga harus membawa KPS beserta KTP-nya. Jika yang mengambil keluarganya, harus membawa kartu keluarga. Diprediksi warga yang mengambil BLSM hari ini sebanyak 9000 orang, sesuai jumlah warga yang sudah menerima KPS.

Sementara, Sri Aningsih (42) salah satu penerima BLSM mengaku, sangat terbantu dengan adanya bantuan berupa uang tunai tersebut, untuk menambah kebutuhan rumah tangganya sehari-hari. “Alhamdulillah senang, lumayan buat tambahan mencukupi sembako,”  kata ibu tiga anak ini. (ges)