Kabupaten Tangerang Dilanda Banjir, 17 Kecamatan Terendam Air

Kabupaten Tangerang Dilanda Banjir, 17 Kecamatan Terendam Air, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kabupaten Tangerang Dilanda Banjir, 17 Kecamatan Terendam Air, Berita800

Kabupaten Tangerang Dilanda Banjir, 17 Kecamatan Terendam Air, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kabupaten Tangerang Dilanda Banjir, 17 Kecamatan Terendam Air, 800, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kabupaten Tangerang Dilanda Banjir, 17 Kecamatan Terendam Air

Banjir juga melanda kota dan kabupaten Tangerang.
Banjir juga melanda kota dan kabupaten Tangerang.

TRUSTKOTACOM-Bencana banjir tak hanya melanda ibu Kota Jakarta. Kabupaten Tangeramg yang merupakan tetangga ibu kota, ikut dilanda bencana banjir. Sedikitnya, belasan desa di Kabupaten Tangerang, terendam air akibat bencana banjir ini.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana pada Dinas Pemadam kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Tangerang Kadmita mengatakan, jumlah rumah yang terendam sangat banyak.

“Banjir di Kabupaten Tangerang, terjadi di  17 desa di enam kecamatan. Sampai saat ini warga masih bertahan di pengungsian karena banjir tak kunjung surut. Benar, kecamatan tiga raksa salah satu kecamatan yang dilanda banjir,” terang Kadmita kepada wartawan.

Menurutnya, bajir terjadi akibat hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Tangerang  dan bogor dalam sepekan ini. Hujan deras membuat beberapa kali dan sungai di wilayah Kabupaten Tangerang, meluap dan naik ke pemukiman warga.

“Ketinggian air yang menggenangi rumah warga relatif naik turun, ada yang hanya 30 centimeter, bahkan ada yang mencapai satu meter lebih. Misalnya di Perumahan Mustika Tigaraksa, ketinggian air kadang mencapai 50 centimeter lebih,” terangnya.

Camat Tigaraksa Mas Yoyon membenarkan bahwa wilayahnya tengah dilanda banjir. Menurutnya, Perumahan Mustika yang berlokasi di Desa Pasir Nangka, merupakan titik lokasi banjir terparah.

“Bajir akibat sungai dan kali yang ada di Tigaraksa tidak menampung air kiriman dari Bogor. Memang perlu secepatnya ada normalisasi kali dan sungai,” terang Yoyon.

Berdasarkan data sementara yang diperoleh, di Kecamatna Tiga raksa yakni di Desa Pasir Nangka, sedikitnya  300 rumah terendam banjir. Di Kecamatan Keronjo sebanyak 600 rumah di Desa Cirumpak, 400 rumah di Desa Gunung Kaler, Kecamatan Gunung Kaler, 670 rumah di Desa Cikande, Kecamatan Jayanti, sekitar 470 rumah di desa Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis dan sekitar 300 rumah di Desa Kutruk Kecamatan Jambe.

Banjir tak hanya melanda Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang juga kini menjadi Kota Banjir. Beberapa wilayah di Kota bermoto Akhlakul Karimah ini, terendam banjir. Persoalan banjir ini nampaknya sama, akibat tidak adanya resapan air, karena semakin pesatnya pembangunan dan tidak tertampungnya air kiriman dari lua daerah seperti Bogor. (cun)