Jelang Pileg 2014, Jumlah Pemilih Naik 4 Persen

Jelang Pileg 2014, Jumlah Pemilih Naik 4 Persen, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Jelang Pileg 2014, Jumlah Pemilih Naik 4 Persen, Berita283

Jelang Pileg 2014, Jumlah Pemilih Naik 4 Persen, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Jelang Pileg 2014, Jumlah Pemilih Naik 4 Persen, 283, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Jelang Pileg 2014, Jumlah Pemilih Naik 4 Persen

Logo KPU
Logo KPU

TRUSTKOTACOM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, Budi Prakoso memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah pemilih pada pemilihan legislatif (Pileg) 2014 mendatang. Peningkatan jumlah pemilih yang diprediksi sekitar tiga hingga empat persen itu, kata Budi, karena adanya penambahan usia pemilih pemula.

“Diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah pemilih pada Pileg 2014. Hal itu karena banyaknya usia pemilih pemula,” kata Budi Prakoso usai menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) di Pendopo Pemkab Pandeglang, Kamis (070/2/2013).

Kata Budi, penambahan jumlah pemilih bisa dilihat dari daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan Gubernur Banten 2010 lalu. Nantinya, kata Budi, DP4 ini akan disandingkan dengan DPT yang sudah ada. Data tersebut kemudian dipecah untuk mengetahui jumlah tempat pemungutan suara (TPS) maupun jumlah pemilih yang ada di setiap kecamatan.

Budi menjelaskan, tidak menutup kemungkinan akan ada pergeseran pada setiap daerah pemilihan (Dapil). Pergeseran jumlah kursi itu, ujarnya, tidak terlepas dari data jumlah penduduk yang ada di setiap daerah pemilihan. “Kami akan membahas DP4 ini dan pergeseran jumlah kursi ke DPRD Pandeglang. Hal ini dilakukan, karena terkait dengan jumlah penduduk yang ada di setiap kecamatan,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pandeglang, Tubagus Saprudin mengatakan, DP4 yang diajukan sebanyak 801.478 jiwa.  Setelah itu, kata dia, data tersebut akan dicocokan oleh setiap kecamatan maupun kelurahan atau desa. “Data itu akan kami komparasikan dengan data penduduk yang tercatat dalam e-KTP. Sebab, bisa saja jumlah pemilih itu berkurang atau bertambah,” papar pria yang akrab disapa Apang ini.

Kata Apang, DP4 yang diajukan bukan jumlah pasti pemilih yang akan menggunakan hak suara pada Pileg 2014. Sebab, data itu masih harus dilakukan pencocokan kembali di setiap kecamatan, kelurahan, maupun desa. “Dari 35 kecamatan, Kecamatan Labuan, Majasari dan Kecamatan Pandeglang yang diperkirakan terbanyak jumlah warga yang masuk usia pemilih,” pungkasnya. (Ruk)