Jelang Lebaran, Pemotongan Kerbau di RPH Lebak Meningkat

Jelang Lebaran, Pemotongan Kerbau di RPH Lebak Meningkat, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Jelang Lebaran, Pemotongan Kerbau di RPH Lebak Meningkat, Berita167

Jelang Lebaran, Pemotongan Kerbau di RPH Lebak Meningkat, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Jelang Lebaran, Pemotongan Kerbau di RPH Lebak Meningkat, 167, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Jelang Lebaran, Pemotongan Kerbau di RPH Lebak Meningkat

IMG_20150317_1944172-300x2001-160x200

LEBAK,TRUSTKOTA- Jelang lebaran Idul Fitri 1436 H kebutuhan akan daging terus meningkat. Hal itu juga terbukti dengan adanya peningkatan aktivitas pemotongan hewan kerbau di Rumah Potong Hewan (RPH) milik Pemerintah Kabupaten Lebak.Dihari-hari biasa RPH hanya melakukan pemotongan hewan kerbau 2-3 ekor saja, menjelang lebaran ini jumlahnya meningkat bisa berkisar 6 sampai 7 ekor. Demikian dikatakan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lebak, Iman Santoso melalui telepon, Minggu (28/6/2016)

” Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak Bulog, karena itu masyarakat tak perlu khawatir. Karena pada H-5 kita bersama Bulog rencananya akan melakukan operasi pasar dengan akan menurunkan 4 ton daging sapi, ” Ujar Iman.

Karena itu, kata Iman kebutuhan daging jelang lebaran bisa dipastikan aman.‎Karena pasokan daging tersebut selain dari persedian RPH ada juga dari bulog.

” Dan apalagi kita tahu bahwa‎
Kabupaten Lebak merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki penghasilan kerbau terbanyakdi Banten ,” Katanya.

Selain itu, sambung Iman, pihaknya juga terus gencar melakukan pengawasan terhadap para pedagang tradisional.

” Dan sejauh ini ada empat titik
pasar yang selalu kita datangi rutin seminggu sekali untuk di lakukan
Pengawasan. Ini dilakukan dalam untuk mencegah adanya kecurangan para pedagang yang menjual daging busuk atau gelonggongan ataupun daging yang menggunakan bahan pengawet,sehingga dengan demikian masyarakat‎ dapat terbebas dari semua itu,” Katanya.

Sementara , kata Iman  untuk menjaga hewan terbebas dari panyakit,pihaknya melakukan pencegahan secara khusus di rumah potong hewan.

“Untuk hewan yang akan dipotong terlebih dahulu kita akan lakukan pemeriksaan kesehatannya . Selain itu  selesai pemotongan kitapun kembali lakukan pemeriksaan,mulai dari luar hingga jeroan daging pada hewan yang telah di potong,itu semua di lakukan agar masyarakat terbebas dari daging yang tidak layak di konsumsi,” Katanya. (Riz).