Jalur KA Rangkasbitung-Jakarta Kembali Diblokir

Jalur KA Rangkasbitung-Jakarta Kembali Diblokir, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Jalur KA Rangkasbitung-Jakarta Kembali Diblokir, Berita175

Jalur KA Rangkasbitung-Jakarta Kembali Diblokir, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Jalur KA Rangkasbitung-Jakarta Kembali Diblokir, 175, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Jalur KA Rangkasbitung-Jakarta Kembali Diblokir

KA dan penumpang di Statsiun Rangkasbitung tersendat akibat terjadinya kembali pemblokiran jalur KA .
KA dan penumpang di Statsiun Rangkasbitung tersendat akibat terjadinya kembali pemblokiran jalur KA .

TRUSTKOTACOM- Tiga perjalanan kereta Api (KA) tujuan Rangkasbitun – Tanahabang mulai dari kelas KA  Banten Ekspres, Kalimaya, Krakatau sampai ekonomi gagal berangkat. Hal ini dikarenakan aksi penyanderaan yang disertai pemblokiran rel kereta terhadap sejumlah KA di Stasiun Tiga Raksa, Tenjo, Parungpanjang dan Cicayur, Selasa (24/09/2013).

Aksi tersebut merupakan aksi lanjutan warga yang tidak puas terhadap kebijakan PT KAI Daop 1 DKI Jakarta yang mengeluarkan aturan pembatasan penumpang kereta api untuk kelas ekonomi dalam setiap gerbong.

Kepala Stasiun (KS) Kereta Api Rangkasbitung, Didin Wahyudin, mengatakan, akibat aksi penyanderaan dan pemblokiran rel kereta api tersebut jadwal pemberangkatan kereta untuk semua kelas tertunda.

“KA yang tertunda pemberangkatannya adalah KA Banten Ekspres, Kalimaya dan Krakatau. Bahkan, KA kelas ekonomi yang sudah tiba di stasiun Maja terpaksa balik kanan karena kondisi di stasiun selanjutnya tidak kondusif. Dan bagi penumpang yang sudah membeli karcis, kita kembalikan uangnya sesuai harga karcinya,” ujar Didin, ditemui di ruang kerjanya.

Pihaknya belum dapat memastikan kapan jadwal pemberangkatan kereta yang tertunda akan diberangkatan. “Saya masih menunggu keputusannya dari pusat, mungkin Kalau dirasa kondisiny sudah kondusif kita akan berangkatkan,” katanya.

Didin menjelaskan bahwa pembatasan penumpang untuk KA kelas ekonomi itu berdasarkan SK Menhub RI No 69/2011 tentang kapasitas penumnpang KA lokal 150 persen. Pihaknya sudah jauh-jauh hari mensosialisasikan aturan baru tersebut kepada masyarakat melalui media cetak, elektronik dan stiker.

“Kita sudah sosialisasikan sejak tahun 2011 dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan,” jelasnya.

Anggraeni, salah seorang buruh yang bekerja di Jakarta mengatakan, sudah dua hari dirinya terpaksa tidak bisa berangkat kerja karena adanya aksi penyanderaan dan pemblokiran rel kereta api.

“Saya sudah dua hari mas kesini (stasiun-red), gagal berangkat ke Jakarta. Saya juga masih bingung apa mau pulang aja ke rumah apa nunggu sampai keadaan aman dulu. Kalau ternyata tidak juga bisa berangkat terpaksa saya pulang aja,” kata wanita asal Warunggunung ini. (jal)