Inilah Konsep Sehat SMP2 Solear dan Segudang Prestasinya

Inilah Konsep Sehat SMP2 Solear dan Segudang Prestasinya, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Inilah Konsep Sehat SMP2 Solear dan Segudang Prestasinya, Berita921

Inilah Konsep Sehat SMP2 Solear dan Segudang Prestasinya, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Inilah Konsep Sehat SMP2 Solear dan Segudang Prestasinya, 921, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Inilah Konsep Sehat SMP2 Solear dan Segudang Prestasinya

SOLEAR TRUSTKOTA – Satu kebanggaan yang didapat oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang atas prestasi siswa-siswi SMP Negeri 2 Solear, yang berhasil mewakili Provinsi Banten ke tingkat nasional dalam lomba ‘Sekolah Sehat’ tingkat Nasional yang diselenggarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI).

“Alhamdulilah, lomba ‘Sekolah Sehat’ ini satu kebanggaan dan kemajuan bagi sekolah di Kabupaten Tangerang. Dan alhamdulilah lagi SMP Negeri 2 Solear berhasil mewakili Provinsi Banten ke tingkat nasional,” kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs Arsyad Husein, Selasa (24/05/2016).

Menurutnya, lomba sekolah sehat ini sangat bermanfaat buat kemajuan sekolah. SPM Negeri 2 Solear ini sangat layak untuk menjadi juara 1 tingkat nasional, bila dibandingkan  dengan sekolah sehat saat melakukan kunjungan kerja  pada sekolah yang menjuarai sekolah sehat tingkat nasional tahun lalu lebih bagus ini terutama penghijauan dan pengelolaan lingkungan sekolah sehat.

“Saya   harapkan   SMPN   Negeri   2   Solear   ini   menjadi   juara   satu   tingkat   nasional.   Lihat   saja lingkunganya sangat asri dan hijau, bersih dan bertata rapi. Para siswanya sangat ramah dan sopan,” kata Arsyad Husein

SMP 2 Negeri Solear, memiliki Saung Kepo. Saung ini,  tempat diskusi tentang kesehatan siswa-siswi disekolah ini. SMP Negeri 2 Solear ini juga emiliki 5 satgas kesehatan meliputi  satgas jajanan sehat, satgas lingkungan sehat, satgas Napza (Narkotika,   Psikotropika   dan   Zat   Adiktif),   Satgas   PHBS   dan   Satgas   Toga.   Kegiatanya   yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan,   pembinaan lingkungan  sekolah  sehat,  PHBS   (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Selain itu, sekolah ini juga memiliki bentuk kegiatan   pendidikan   kesehatan lain seperti, penyuluhan   tetang   kesehatan   reproduksi   remaja, penyuluhan tentang penyakit menular, penyuluhan tentang tata tertib lalulintas  dan bahaya rokokdan narkoba, penyuluhan anemia, penyuluhan dan pengenalan toga, penyuluhan tentang komposter dan penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Pelayanan   kesehatan   meliputi     pemerksaan   kesehatan,   penjaringan,   pengukuran   tinggi   dan berat badan, pemeriksaan  tekanan darah,  pengukuran  lila  dan pemeriksaan golongan darah.

Pembinaan lingkungan yang dilakukan sekolah inim, ada 2 bagian meliputi lingkungan fisik ruang UKS dan perlengkapanya, Kantin sekolah dan poster – poster kesehatan, kebun sekolah, tanaman toga, bak sampah dan sumber air bersih, Kegiatan yang dilakukan Satgas pada kegiatan Lingkungan non fisik,   meliputi yaitu budaya antri tujuanya membiasakan peserta didik untuk disiplin, displin berpakaian(personal hygeie), perubahan prilaku peserta didik, gerakan membuka alas kaki, gerakan makan habis bertujuan mengurangi volume sampah,mengsyukuri   nikmat   yang   di   berikan   oleh   tuhan   yang   maha esa, menumbuhkan rasa kepedulian.

Membuang sampah   pada   tempatnya,   memilih,   memilah   dan   mengolah   tujuanya   memanfaatkan sampah organik  menjadi  pupuk, memiliki  keterampilan mengolah  sampahorganik  yang dilanjutkan dirumah atau keluarga. Menanam dan merawat tanaman bertujuan membudayakan kepekaan terhadap lingkungan, menciptakan lingkungan yang rapih, bersih,indah,terawat dan sehat.

Tak hanya itu,  sekolah ini juga memiliki kegiatan pelestarian. Misalnya, melestarikan budaya tradisional sebagai warisan bangsa,produk unggulan mengolah ikan nilla baby dan ikan leledan prakarya tempat kue dan tisue,pengolahan limbah plastik, prakarya limbah kabel, membuat kompos, penyuluhan jajanan sehat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, pembinaan tim UKS Kecamatan dan Kabupaten Tangerang.

Adaun kegiatan kegiatan Kemitraan yang dilakukan oleh SMP Negeri 2 Solear diantaranya dengan Perumahan Kota balaraja, PT. Viktory Chinglung Indonesia, kemitraan dengan PT Duta Utari/Wings Care,  kemitraan dengan PT Prima, PT Ira Sejahtera. (hms/dik)

Prestasi yang diraih SMP Negeri 2 Solear
1.  Juara Volly SMK Yapisda
2.  Juara 1 Lebtub Kecamatan Solear
3.  Juara 1 lomba bidang Matematika Kecamatan Solear
4.  Juara 1 lomba Marawis tingkat SLPT Kecamatan Maja Kopo
5.  Juara 1 lomba Dance tk SLTP
6.  Juara 2 kejuarana nasional karate junior
7.  Juara 2 FL2SN cabang Kaligrafi tingat Kabupaten Tangerang
8.  Juara 1 tradisional Games
9.  Juara 3 pencak silat   tunggal   O2SN   Tingkat   Kabupaten   Tangerang,
10. Juara   favorit   pemilihan   bintang   model   idola Indonesia   dan   Calon   Bintang   Sinetron   tingkat   nasional
11. Juara   1   lomba   sekolah   sehat   tingkat Kabupaten Tangerang dan juara 1 lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Banten tahun 2016.