Ini Cerita Keluarga Pembawa Baki Bendera Pusaka

Maria Felicia Gunawan, Paskibraka Perwakilan Provinsi Banten asal SMK Penabur, Kabupaten Tangerang (foto: Istimewa)
Maria Felicia Gunawan, Paskibraka Perwakilan Provinsi Banten asal SMK Penabur, Kabupaten Tangerang (foto: Istimewa)

TANGERANG TRUSTKOTA–Siswa SMAK Penabur, Kabupaten Tangerang Maria Felicia Gunawan menjadi pusat perhatian. Lantaran, gadis biasa disapa Cia ini berhasil ditunjuk menjadi pembawa baki pada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih pada 17 Agustus kemarin di Istana Negara.

“Kami sangat bangga dan terharu. Karena sampai detik-detik terakhir kami belum mengetahui posisi Cia sebagai apa di Paskibraka,” ujar Willy Gunawan orang tua Maria Felicia Gunawan.

Saat duduk dibangku undangan, Willy mengakau mendapat kejutan. Karena melihat Cia anaknya menjadi pembawa baki bedera pusaka. “Saya tidak pernah menyangka, saya takjub,” kata Willy.

Willy menuturkan, bakat baris-berbaris Cia sudah terlihat saat masih usia Balita. Selain itu Cia sering memperagakan sebagai komandan upacara. “Sejak usia tiga tahun saya amati Cia kerap baris-berbaris. Bahkan dia kibarkan bendera di depan rumah,” kenang Willy Gunawan yang ditemani istri Hertarty Tjendra.

Lanjut Willy, saat duduk di kelas satu SMP Savarius, Lampung. Anaknya kala itu lolos menjadi salah satu pengibar bendera di sekolah. “Padahal, kebiasaan di sekolah pengibar bendera dilakukan oleh siswa kelas dua,” tandasnya. (joe)