Ingkar Janji, PT Elina Indonesia Didemo

Ingkar Janji, PT Elina Indonesia Didemo, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ingkar Janji, PT Elina Indonesia Didemo, Berita752

Ingkar Janji, PT Elina Indonesia Didemo, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ingkar Janji, PT Elina Indonesia Didemo, 752, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ingkar Janji, PT Elina Indonesia Didemo

PT Elina Indonesia didemo ratusan buruh
PT Elina Indonesia didemo ratusan buruh

TRUSTKOTACOM – PT Elina Indonesia yang terletak di Jalan Raya Serang KM 16,8, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, didemo, Kamis (07/03/2013). Dalam aksinya, ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan PUK KEP-SPSI menuntut hak-hak normatif yang tidak dipenuhi olah perusahaan yang bergerak dibidang elektronik rumah tangga itu.

“Selain tidak membayarkan upah sesuai SK Gubernur Banten, PT Elina Indonesia juga tidak menjalankan Jamsostek. Kami juga menuntut perusahaan agar segera mengangkat karyawan kontrak menjadi karyawan tetap,” kata Herman, Ketua PUK KEP-SPSI.

Menurutnya, karyawan PT Elina Indonesia yang berstatus pekerja konntrak mencapai 100 orang. Sedangkan untuk pekerja yang berstatus karyawan tetap sekitar 20 orang, sisanya harian dan bulanan.

“Upah yang diterima oleh karyawan yang masuknya melalui yayasan sebesar Rp 40 ribu perhari itupun dipotong lagi 20 persen. Sedangkan upah karyawan harian sebesar Rp 57 ribu dan untuk karyawan tetap sebesar Rp 1.527.000 perbulan,” tutur Herman.

Salah satu karyawan PT Elina Indonesia, Jefri (25) mengatakan, aksi unjuk rasa buruh ini dipicu oleh pihak perusahaan yang ingkar janji. Pada Februari lalu, pihak perusahaan telah menandatangani perjanjian dengan karyawan bahwa perusahaan akan membayar gaji sesuai upah minimum kabupaten (UMK) seperti yang telah ditetapkan Gubernur Banten sebesar Rp 2,2 juta.

“Pihak perusahaan mengingkari perjanjian. Pada awal Maret ini pihak perusahaan hanya membayar gaji sebesar Rp 1,8 juta untuk karyawan tetap dan Rp 35 ribu perhari untuk karyawan lepas. Aksi ini kami lakukan untuk menuntut janji perusahaan,” kata Jefri yang sudah 5 tahun bekerja di PT Elina yang belum diangkat menjadi karyawan tetap. (cun)