Indonesia Raih Emas di Olimpiade Matematika Internasional

Indonesia Raih Emas di Olimpiade Matematika Internasional, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Indonesia Raih Emas di Olimpiade Matematika Internasional, Berita289

Indonesia Raih Emas di Olimpiade Matematika Internasional, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Indonesia Raih Emas di Olimpiade Matematika Internasional, 289, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Indonesia Raih Emas di Olimpiade Matematika Internasional

medali emas

TRUSTKOTACOM – Tim Olimpiade Matematika Indonesia yang didampingi oleh tim pembina yang terdiri atas Dr. Budi Surodjo (Universitas Gajah Mada) sebagai pemimpin tim, Dr. Yudi Satria (Universitas Indonesia) sebagai deputy leader, Dr. Hery Susanto (Universitas Negeri Malang) sebagai pengamat A, serta Dr. Alhaji Akbar Bachtiar (Universitas Indonesia) sebagai pengamat B, Rabu (31/07/2013) malam, tiba di terminal 2E Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Kedatangan mereka langsung disambut kerabat, keluarga serta perwakilan pemerintah dengan sangat meriah. Pasalnya, Tim Indonesia untuk pertama kalinya berhasil meraih medali emas dalam International Mathematical Olympiad ke 54 yang digelar di Santa Marta  (IMO), Kolombia, 18-28 Juli 2013.

Dalam ajang tersebut, tim Indonesia yang mengirimkan enam peserta selain meraih satu medali emas yang dipersembahkan oleh Stephen Sanjaya, siswa SMAK 1 BPK Penabur Jakarta, juga meraih satu medali perak, dan empat medali perunggu.

Medali perak diraih oleh Fransisca Susan siswa SMAK 1 BPK Penabur Jakarta.  Sementara, medali perunggu diraih oleh Bivan Alzacky Harmanto siswa SMA Labschool Jakarta, Gede Bagus Bayu Pentium siswa SMA Semesta Semarang, Reza Wahyu Kumara siswa SMAN Sragen BBS, dan Kevin Christian Wibisono siswa SMAK IPEKA Puri Indah Jakarta.

Prestasi membanggakan ini menempatkan Indonesia di posisi 19 dari 97 negara peserta. Mengalahkan negara-negara di benua Eropa seperti Italia di peringkat 20, Perancis di peringkat 21, Belanda di peringkat 25, dan Jerman di peringkat 27.

“Sangat senang, karena dapat melewati pesaing-pesaing hebat didunia,” kata Stephen Sanjaya, peraih medali emas, kepada wartawan.

Sementara, Pemimpin tim, Dr Yudi Satria mengaku, bangga dan sangat mengapresiasikan prestasi yang diraih para peserta dalam ajang itu. “Yang jelas, sangat bangga. Prestasi ini sekaligus mengharumkan nama Indonesia di mata dunia,” pungkasnya. (ges)