ICW : Caleg Terpilih Yang Jadi Tersangka Harus Mundur

ICW : Caleg Terpilih Yang Jadi Tersangka Harus Mundur, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, ICW : Caleg Terpilih Yang Jadi Tersangka Harus Mundur, Berita981

ICW : Caleg Terpilih Yang Jadi Tersangka Harus Mundur, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, ICW : Caleg Terpilih Yang Jadi Tersangka Harus Mundur, 981, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, ICW : Caleg Terpilih Yang Jadi Tersangka Harus Mundur

icw

TANGERANG TRUSTKOTA-Indonesia Corruption Watch (ICW), mendesak Calon Legislatif (Caleg) 2014-2019 terpilih yang ditetapkan menjadi tersangka oleh penegak hukum agar mundur. ICW juga mendesak aparat hukum untuk melakukan percepatan penanganan hukum para caleg ini.

“Kalau bicara etika ya seharusnya caleg-caleg bermasalah hukum itu mundur,” kata Ade Irwan, Koordinator ICW Wilayah Banten.

Kata Ade, pihaknya pernah mengatakan, dari sisi yuridis perlu ada percepatan penanganan kasus para wakil rakyat ini. Kenapa demikian, karena ini menyangkut kinerja legislatif dan kepercayaan masyarakat kepada lembaga negara dan partai politik.

“Wakil-wakil rakyat di lembaga legislatif harus memiliki inegritas dan bukan orang-orang yang korup dan pelaku pidana,” tegas Ade Irwan, Koordinator ICW Wilayah Banten.

ICW juga menyangkan, partai para caleg yang bermasalah hukum itu. Seharusnya, kata Ade, partai melakukan tindakan misalnya, menarik kadernya yang jelas sudah tersangkut hukum.

“Kalau bicara yuridis , partai juga harusnya menarik caleg-caleg yang tersangkut hukum itu,” papar Ade.

Seperti kita ketahui, beberapa Caleg terpilih dari Dapil Tangerang ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) RI dan Polres Kota Tangerang. Mereka adalah Herdian Koosnadi Caleg DPR RI terpilih dari PDI-Perjuangan, yang akan dilantik 1 Oktober mendatang.

Selanjutnya, Komarudin alias Koemng, Desy Yusdian dari Partai Golkar, Suryadi Hendarman dari Partai PKB, yang sudah dilantik menjadi anggota DPRD Provinsi Banten awal bulan Septmber lalu. (Cun/Dik)