HIV Aids di Kawasan Ekonomi Khusus Pandeglang, 10 Orang Meninggal

HIV Aids di Kawasan Ekonomi Khusus Pandeglang, 10 Orang Meninggal, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, HIV Aids di Kawasan Ekonomi Khusus Pandeglang, 10 Orang Meninggal, Berita709

HIV Aids di Kawasan Ekonomi Khusus Pandeglang, 10 Orang Meninggal, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, HIV Aids di Kawasan Ekonomi Khusus Pandeglang, 10 Orang Meninggal, 709, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, HIV Aids di Kawasan Ekonomi Khusus Pandeglang, 10 Orang Meninggal

Ilustrasi
Ilustrasi

PANDEGLANG, TRUSTKOTA-Diam-diam penyakit mematikan HIV Aids telah menyebar di kawasan  yang akan dijadikan Kawasan  Ekonomi  Khusus (KEK)  yaitu  wilayah Obyek Wisata Pantai Panimbang  dan Carita.

Dari catatan Badan Penyuluh Lapang Keluarga Berencana (BPLKB) Kecamatan Pagelaran, tercatat sedikitnya ada 10 orang yang meninggal karena penyakit menular  tersebut.

“Dari catatan kami, ada sekitar 10 orang warga disini yang meninggal karena penyakit HIV AID tersebut,“ ungkap Kepala BPLKB Pagelaran, Suranto, Selasa (26/8/2014).

Menurutnya, dari 10 orang penderita HIV AIDS, tercatata 2 berjenis kelamin pria, 3 wanita sisanya kaum waria (wanita pria). Semua korban penyakit itu, penduduk Pagelaran.

“Tetapi, sebenarnya mereka terjangkit penyakit tersebut ketika mereka bekerja di luar Pagelaran (Pandeglang, red). Mereka pulang ke kampung halamannya sudah terjangkit,” terangnya.

Setelah berobat di Puskesmas terdekat, lanjutnya,  mereka diketahui  terkena penyakit HIV AIDS. Para korban tidak sekaligus meninggal, tetapi secara  priodik.

“Yang terakhir tahun 2013 kemarin, ada seorang waria yang baru pulang dari kota, meninggal karena HIV AID. Semua korban yang berobat ke Puskesmas awalnya demam tinggi,” bebernya.

Disinggung apakah mereka juga telah menjangkitkan penyakit itu ke warga sekitar, Suranto enggan banyak berkomentar.

“Kalau masalah itu, kami belum menemukan warga yang meninggal karena HIV AIDS. Namun kebanyakan yang meninggal itu, rata-rata bekerja di kota, lalu kembali ketika sakit,” ujarnya.

Sebagaimana  diketahui bahwa  Panimbang sampai Carita masuk dalam kawasan obyek wisata Pantai. Maka tidak heran, bila di tempat ini banyak bermunculan warung remang-remang (Warem) yang menyediakan wanita-wanita penghibur.

Tak heran, bila masyarakat sekitar khususnya tokoh masyarakat setempat, khawatir penyakit itu telah menular kembali kepada Pekerja Sek Komersial (PSK).

“Ini mengkhawatirkan. Pemkab Pandegla dan Dinas Kesehatan harus cepat menangani persoalan ini. Tempat-tempat maksiat itu harus diberantas ,” pinta Encep Waas tokoh Panimbang.(Kad/yar)