Harga Kedelai Naik, Pengusaha Tempe Mengeluh

Harga Kedelai Naik, Pengusaha Tempe Mengeluh, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Harga Kedelai Naik, Pengusaha Tempe Mengeluh, Berita541

Harga Kedelai Naik, Pengusaha Tempe Mengeluh, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Harga Kedelai Naik, Pengusaha Tempe Mengeluh, 541, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Harga Kedelai Naik, Pengusaha Tempe Mengeluh

Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

TRUSTKOTACOM – Meningkatnya harga kacang kedelai, akibat melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika, nampaknya langsung berdampak pada penurunan produksi para pengusaha tempe.

Seperti yang dirasakan Tayaman (45), salah seorang pengusaha tempe diwilayah Buaran, Kota Tangerang. Tayawaman, terpaksa harus merumahkan tiga karyawan dan memproduksi usaha tempenya seorang diri, lantaran pendapatan yang tak sesuai dengan modal yang dikeluarkan.

“Terpaksa karena harga bahan bakunya seperti kacang kedelai sudah melambung tinggi. Jadi saya harus mengurangi ukuran tempe serta merumahkan sementara tiga karyawan saya,” katanya, Selasa (27/08/2013).

Menurutnya, hal tersebut terpaksa dilakukan, lantaran, hanya untuk mempertahankan usaha yang telah dirintisnya selama puluhan tahun ini. “Ya, untuk bertahan, saya rasa cara seperti inilah yang harus saya lakukan,” katanya.

Tayaman berharap, pemerintah dapat segera mengambil alih perindustrian kacang kedelai yang saat ini di kelola pihak swasta, sehingga harganya tidak dapat dipermainkan sembarangan dipasar.

“Harapan saya, pemerintah dapat segera mengatasi permasalahan ini. Karena hal ini sangat berdampak bagi kelancaran pelaku usaha kecil seperti saya,” pungkasnya. (ges)