Harga Bahan Bangunan Stabil

Harga Bahan Bangunan Stabil, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Harga Bahan Bangunan Stabil, Berita364

Harga Bahan Bangunan Stabil, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Harga Bahan Bangunan Stabil, 364, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Harga Bahan Bangunan Stabil

Harga bahan bangunan masih stabil
Harga bahan bangunan masih stabil

TRUSTKOTACOM – Harga bahan bangunan belakangan ini relatif stabil. Berbagai jenis kayu, besi, triplek, paku, cat, levelansir dan jenis lainnya memang mengalami penurunan dan kenaikan, hanya saja nilainya kecil.

Bahan bangunan jenis kayu dan levelansir sudah lama harganya tidak naik dan tidak pula turun. Justru penjualan dari toko bangunan yang mengalami penurunan. Penyebabnya, kemungkinan jumlah proyek menurun atau persaingan semakin ketat.

Menurut Herawaty salah seorang pemilik toko bangunan di Tangerang Selatan (Tangsel) mengatakan, beberapa bulan terakhir ini, harga kayu stabil. Harga kayu yang stabil diantaranya kamper, kruwing, jati, kayu lokal dan lainya yang dijual di toko bangunannya mengalami penurunan. Harga kayu jenis kruwing balok/usuk Rp 4.400.000 sampai Rp 4.800.000 per kubiknya. Dan jenis kruwing papan dijual dengan harga Rp 4.900.00 sampai Rp 5.300.000 per-kubiknya.

“Kami belum mengetahui terjadinya penurunan penjualan berbagai jenis kayu.Yang jelas pelanggan kami tidak lagi membeli kayu dalam jumlah banyak. Penurunannya sampai 50 persen,” aku Herwaty sambil menegaskan, khusus bahan bangunan jenis kayu persaingan bajaringan sangat tinggi. ” Sekarang ini masyarakat lebih memilih bajaringan untuk atap,” tambahnya.

Gugun Gunawan pemilik toko bangunan lainnya juga menegaskan hal sama. Ia mengaku beberapa bulan ini terjadi penurunan penjualan. Dari berbagai jenis bahan bangunan, jenis besidan cat tetap mendominasi penjualan, selain jenis semen, paku dan kuas.

“ Jenis bahan bangunan levelansir penjualan cukup stabil. Haganya stabil juga, per truknya yang brisi 7 kubik harga Rp 900.000 sampai Rp 1 juta (harga tergantung dari pengiriman). Jenis batu atau koral sama, permintaannya stabil juga,” jelasnya.

Salah seorang pemborong bangunan, Ir. Nurrochman menjelaskan, persaingan memang terasa. Persaingan menimbulkan harga borongan proyek. ” Persaingan memangterasa. Persaingan berimbas pada harga borongan proyek,” katanya. (Shn)