HAKI Peringati Hari Kekayaan Intelektual Nasional Ke-1

HAKI Peringati Hari Kekayaan Intelektual Nasional Ke-1, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, HAKI Peringati Hari Kekayaan Intelektual Nasional Ke-1, Berita410

HAKI Peringati Hari Kekayaan Intelektual Nasional Ke-1, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, HAKI Peringati Hari Kekayaan Intelektual Nasional Ke-1, 410, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, HAKI Peringati Hari Kekayaan Intelektual Nasional Ke-1

Artis Bunga Citra Lestari, meriahkan Peringati Hari  Kekayaan Intelektual Nasional KE-1.
Artis Bunga Citra Lestari, meriahkan Peringati Hari Kekayaan Intelektual Nasional KE-1.

TRUSTKOTACOM- Untuk pertama kalinya Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI) memperingati Hari Kekayaan Intelektual Nasional yang jatuh pada tanggal 11 November 2013. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 18 November 2013 di Aula DJHKI, Lt.8 Kuningan  Jakarta ini akan dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM RI, para Duta Besar negara sahabat, Stakeholders dan seluruh pegawai DJHKI .

”Adapun dasar dari lahirnya hari HKI nasional adalah dengan ditetapkannya Undang-Undang Merek Perusahan dan merek perniagaan Nomor 21 Tahun 1961 yang diundangkan pada tanggal 11 Oktober. Undang-undang Merek tahun 11 oktober. Undang-undang Merek Tahun 1961 merupakan Undang-Undang HKI pertama Indonesia,’’ kata Priyo, Humas HAKI.

Menurutnya, peringatan Hari Kekayaan Intektual Nasional ini juga merupakan acara syukuran kepindahan DJHKI ke Gedung baru yang terletak di Kementerian Hukum dan HAM Kuningan Jakarta dari kantor DJHKI di Tangerang.

Hal ini, tambah Priyo, sesuai dengan surat Sekjen  No. SEK.UM.02.01127,  tentang perpindahan kantor DJHKI guna percepatan pelaksanaan tugas dan fungsi DJHKI. Kepindahan kantor DJHKI merupakan wujud peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat secara lebih cepat dan efisien sejalan dengan komitmen pelayanan  prima.

“Kepindahan DJHKI ke Jakarta adalah langkah sistemik untuk menjadikan Direktorat Jenderal HKI sebagai IP Office berstandar Internasional,” tambahnya.

Salah satu kegiatan yang diselenggarakan DJHKI pada peringatan Hari HKI Nasional yang pertama ini adalah pemberian Penghargaan Nasional  sebagai wujud apresiasi terhadap maha karya anak bangsa yang sangat luar biasa.

Penghargaan diberikan kepada, Tjokorda Raka Sukawati  untuk kategori Inventor, Daniel Suisa untuk Kategori Inventor, Elin Yulinah untuk kategori Inventor, Hokky Situngkir untuk kategori Hak Cipta  untuk kategori hak Cipta Software Fisika Batik, Ganjar Kurnia untuk kategori Budayawan, Sam Bimbo untuk kategori musisi peduli HKI, Gesang untuk katregori musisi keroncong Legendaris dan cipta lagu, Alm. Benyamin untuk kategori  seniman, komedian, Benyamin (seniman,Komedian betawi legendaries), Alm. Ibu sud untuk kategori pencipta lagu anak dan perjuangan, Drs. Suryadi untuk kategori creator Sinematografi anak. (rls/ky)