Gugatan Pengacara HAK Lebih Mengarah ke “TSM”

Gugatan Pengacara HAK Lebih Mengarah ke “TSM”, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Gugatan Pengacara HAK Lebih Mengarah ke “TSM”, Berita463

Gugatan Pengacara HAK Lebih Mengarah ke “TSM”, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Gugatan Pengacara HAK Lebih Mengarah ke “TSM”, 463, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Gugatan Pengacara HAK Lebih Mengarah ke “TSM”

Pemilukada Kabupaten Lebak.
Pemilukada Kabupaten Lebak.

TRUSTKOTACOM-Sidang perdana perselisihan hasil pemilukada Kabupaten  Lebak digelar di Mahkamah Konstitusi (MK), pada Senin (16/09/2013),  dengan agenda pemeriksaan perkara dinyatakan lengkap, dan  proses sidangnya dilanjutkan oleh Majelis Hakim MK diketuai Akil Muchtar, Ketua MK.

Syamsul Huda, SH, MH , tim pengacara pihak pemohon pasangan calon (paslon) nomor 2, H.Amir Hamzah-H.Kasmin (HAK) melalui telephone genggamnya kepada Kabar Banten, mengatakan, pada sidang perdana perselisihan hasil pemilukada Lebak tidak lain membacakan surat permohonan gugatan.

“Pertama, untuk materi gugatan ke KPU (pihak termohon) yakni soal dugaan mengedarkan majalah teras pada acara pleno penetapan paslon. Isi majalanya,  memuat salah satu profil paslon nomor 3, Hj.Iti Octavia Jayabaya-H.Ade Sumardi (IDE),”kata Syamsul.

Sedangkan pokok gugatan untuk pihak terkait paslon nomor 3, gugatannya lebih ke arah pengerahan birokrasi, PNS untuk memenangkan pasangan IDE.

Dalam surat gugatan, pengerahan birokrasi secara terstruktur, sistematis, dan masiv (TSM) terjadi dari tingkat atas sampai bawah, dengan dibuktikan surat dari kepala daerah.
“Pokok perkara gugatan ke paslon nomor 3, lebih ke arah TSM. Sebagai penunjang kita siapkan bukti , ada rekaman, video, dan saksi-saksi,”tegas Syamsul.
Bantah

Ketua KPU, Agus Sutisna menyatakan pada prinsifnya KPU siap melayani , dan memberikan jawaban , bantahan atas tuduhan yang disampaikan pihak pemohon (penggugat) pasangan calon (paslon) nomor 2, H.Amir Hamzah-H.Kasmin (HAK).

Salah satu tuduhannya tentang beredarnya majalah teras memuat profil salah satu paslon pada agenda KPU,  tahapan  penetapan pasangan calon. Tetapi tuduhan tersebut tidak benar, dan  telah dibantah KPU sehari setelah agenda tersebut.

“Tuduhan itu tidak benar, dan KPU sudah membantahnya, dan telah mengklarifikasinya. Untuk jawaban dari KPU, itu sudah diserahkan kepada pengacara KPU,”ujar Agus.

Seperti diberitakan, gugatan perkara perselisihan hasil Pemilukada Lebak dengan pemohon pasangan calon bupati-wakil bupati, H. Amir Hamzah-H. Kasmin mulai disidangkan Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, Senin (16/9) siang.

Berdasarkan situs resmi MK, jadwal persidangan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Kabupaten Lebak, akan dilakukan 16 September 2013.

Menurut sumber dari tim pasasangan calon nomor dua, HAK, pada sidang perdana pemeriksaan perkara (1) atau materi gugatan, pemohon didampingi kuasa hukumnya Syamsul Huda, SH, MH dkk. (Tim)