Gebyar Peringatan HUT Koperasi ke-70 di Kabupaten Tangerang

Gebyar Peringatan HUT Koperasi ke-70 di Kabupaten Tangerang, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Gebyar Peringatan HUT Koperasi ke-70 di Kabupaten Tangerang, Berita890

Gebyar Peringatan HUT Koperasi ke-70 di Kabupaten Tangerang, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Gebyar Peringatan HUT Koperasi ke-70 di Kabupaten Tangerang, 890, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Gebyar Peringatan HUT Koperasi ke-70 di Kabupaten Tangerang

Gebyar HUT Koperasi ke 70 tingkat Kab Tangerang (JD MARHAENDRA/TRUSTKOTA.com)
Gebyar HUT Koperasi ke 70 tingkat Kab Tangerang (JD MARHAENDRA/TRUSTKOTA.com)

TRUSTKOTA TANGERANG- Peringatan HUT Koperasi ke 70 tingkat Kabupaten Tangerang diawali dengan jalan santai dan puluhan doorprize menarik. Selain itu, peserta juga dihibur dengan penampilan band lawas dari Koesplus.

Kegiatan yang digelar sejak Sabtu 14 September dan berakhir pada Rabu 20 September 2017 dengan penampilkan pameran produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di stand-stand yang berdiri di depan Gedung Serba Guna (GSG) Puspemkaab Tangerang.

Kepala Bidang Koperasi di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Ratnawati mengungkapkan, Berbagai rangkaian dalam rangka HUT Koperasi telah dilaksanakan seperti melakukan Diklat pemandu koperasi sebanyak 100 pengurus koperasi.

“Tujuannya untuk menciptakan kader-kader penyuluh di koperasi yang handal,” ujar Ratnawati kepada trustkota.com, Selasa (19/9/2017).

Selain itu, juga digelar kompetisi dengan melakukan penilaian koperasi berprestasi, pendataan dan monitoring koperasi yang tidak aktif melalui revitalisasi 100 koperasi dan pembuatan Nomor Induk Koperasi (NIK)

“Sesuai kewenangan tingkat kabupaten, dinas koperasi juga melakukan pembinaan terhadap usaha mikro, dimana salah satu pelimpahan kewenangan Izin usaha mikro kecil menengah diberikan ke kecamatan,” tukasnya.

Papar Ratna, begitu ia biasa disapa, Hari Jadi Koperasi ke-70 tingkat Kabupaten Tangerang diberi tema ‘Bersama Koperasi  Kita Perkuat Perekonomian Masyarakat Menuju Tangerang Gemilang’.

“Sebanyak 100 stand disediakan. Dari jumlah tersebut sebanyak 60 stand gratis yang di isi oleh kecamatan, gerakan koperasi, dan pelaku UMKM, untuk menampilkan produk – produk unggulan. Sedangkan sisanya 40 Stand lainnya diisi oleh pihak swasta yang dikelola langsung oleh EO dengan sewa stand berkisar sekitar satu juta lima ratus rupiah sampai dua juta lima ratus rupiah,” ungkapnya.

Ratna menjelaskan, pelaku koperasi di Kabupaten Tangerang telah mampu bersaing di level nasional. Hal itu menyusul prestasi yang diraih oleh pelaku koperasi di tingkat nasional seperti yang diterima Koperasi Berprestasi Kopkar PT Pemi PasiPASI, Kamaruddin Batubara Presiden Direktur Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia penerima penghargaan Bakti Koperasi (Kopsyah BMI) dan HJ E Faridah, Ketua Koperasi Abdi Kerta Raharja ( AKR) juga mendapat pengharhaan Bakti Koperasi pada HUT Koperasi tingkat nasional 2017.

Sedangkan lanjut Ratna, Koperasi berprestasi tingkat Kabupaten Tangerang diraih oleh Koperasi MAN Sukadiri, KPRI SMP Teluknaga “Kosmos”, Kopkar PT Torabika, Kopkar PT Alko dan Koperasi Asri Mandiri.

“Kami berharap dengan momentum Hari Jadi Koperasi ke 70 ini. Koperasi yang ada di Kabupaten Tangerang tetap tumbuh berkembang dan bisa lebih baik dari sebelumya serta membanggakan,” pungkasnya. (joe)