Gaji Anggota Dewan Lebak Rp 15 juta Perbulan

Gaji Anggota Dewan Lebak Rp 15 juta Perbulan, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Gaji Anggota Dewan Lebak Rp 15 juta Perbulan, Berita419

Gaji Anggota Dewan Lebak Rp 15 juta Perbulan, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Gaji Anggota Dewan Lebak Rp 15 juta Perbulan, 419, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Gaji Anggota Dewan Lebak Rp 15 juta Perbulan

duit

LEBAK,TRUSTKOTA – Penghasilan anggota DPRD Lebak rata-rata setiap bulan adalah Rp 15 juta. Uang tersebut didapat dari gaji pokok, tunjangan keluarga, kunjungan kerja (kunker), reses dan lain-lain.

“Gaji pokok Ketua Dewan setara dengan Bupati yakni Rp 2 juta, sementara tiga orang Wakil Ketua Dewan adalah 80 persennya, sedangkan anggota DPRD adalah 70 persennya,” kata anggota DPRD Lebak yang namanya enggan dikorankan.

Sementara untuk tunjangan keluarga, bagi anggota DPRD Lebak adalah 10 persen dari gaji pokoknya.

“Ada tunjangan beras juga yakni sekitar 3 liter perhari, hanya untuk gaji Kï†α diuangkan. Selain itu ada juga uang sewa rumah sebesar Rp 4 juta perbulan,” paparnya, seraya mengakui, untuk tunjangan kesehatan langsung diasuransikan yakni dengan PT Askes.

Sedangkan untuk Kunker di sesuaikan dengan jarak. Untuk di Lebak Dapil I (meliputi wilayah Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, Kalanganyar dan Warunggunung) Rp 100 ribu, Dapil II Rp 200 ribu, Dapil III Rp 300 ribu, Dapil IV Rp 400 ribu, sedangkan untuk Dapil V dan VI Rp 500 ribu. Untuk kunker di luar daerah Rp 800 perhari.

“Setahun sekali ada kunker ke luar kota yakni Rp 5 juta setiap anggota. Sehingga kalau dihitung-hitung dengan kunker penghasilan anggota DPRD Lebak bersihnya sekitar Rp 15 juta,” katanya.

Anggota DPRD Lebak juga memperoleh kendaraan dinas yakni untuk pimpinan, Ketua Badan Kehormatan, Ketua Komisi, Ketua Badan Legislasi (Banleg) dan Ketua Fraksi.

“Untuk Ketua Komisi masih menggunakan mobdin (mobil dinas-red) yang lama atau bekas Ketua Komisi periode 2004-2009,” katanya.

Mantan Ketua Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) Zaenal Ausof Yasir mengakui, dengan tingginya gaji anggota Dewan menyebabkan para politisi rela mengeluarkan uang lebih besar agar ia terpilih.

“Rata-rata uang yang telah dikeluarkan oleh anggota Dewan terpilih paling sedikit mungkin Rp 100 juta,” pungkasnya. (Yrs)