Fraksi Demokrat Pesimis PNPM Bisa Dilaksanakan Feberuari

Fraksi Demokrat Pesimis PNPM Bisa Dilaksanakan Feberuari, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Fraksi Demokrat Pesimis PNPM Bisa Dilaksanakan Feberuari, Berita323

Fraksi Demokrat Pesimis PNPM Bisa Dilaksanakan Feberuari, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Fraksi Demokrat Pesimis PNPM Bisa Dilaksanakan Feberuari, 323, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Fraksi Demokrat Pesimis PNPM Bisa Dilaksanakan Feberuari

Partai Demokrat
Partai Demokrat

TRUSTKOTACOM – Fraksi Partai Demokrat, DPRD Kabupaten Tangerang, mengaku pesimis  Replikasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), di Kabupaten Tangerang, bisa dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2014.

Menurut Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Tangerang, Nawa Said Dimyati, karena pelaksanaan R-PNPM 2013 di Kabupaten Tangerang, pelaksanaanya akan diundur sekitar bulan Februari-Maret 2014, maka sesuai aturan dana PNPM sebesar Rp 18 miliar yang sudah dianggarkan dalam APBD akan dikembalikan ke kas daerah sebagai dana silva.

“Dana silva tersebut baru akan disampaikan secara resmi oleh pemerintah daerah di tahun 2014. Sehingga tidak mungkin dana silva tersebut bisa dianggarkan di APBD murni 2014 yang sudah ditetapkan di bulan Desember 2013,” papar Nawa,  beberapa waktu lalu.

Kemudian, lanjut Nawa, kalaupun seandainya program R-PNPM 2013 menjadi judul baru di APBD murni 2014, maka harus diawali pembahasan dengan Badan Anggaran (Banang) DPRD Kabupaten Tangerang. “Sampai saat ini, kami tidak pernah melihat pembahasan tersebut. Berdasarkan hal-hal diatas Fraksi,” tegasnya.

Nawa mencontohkan, pada tahun 2011 lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, tidak melaksanakan R-PNPM, dan program tersebut kemudian bisa dilaksanakan tahun 2012 melalui APBD perubahan.

“Kemungkinan besar R-PNPM 2013 yang gagal dilaksanakan, akan dialokasikan kembali di APBD perubahan.  Berdasarkan hal-hal diatas Fraksi Demokrat Pesimis R-PNPM 2013 bisa dilaksanakan Februari-Maret 2014, karena bisa menjadi masalah hukum,” tukasnya.

Nawa menegaskan, Fraksi demokrat DPRD Kabupaten Tangerang, akan meminta penjelasan secara tertulis kepada Bupati melalui BP3MD, kenapa R-PNPM 2013 tidak dilaksanakan, padahal program-program hibah di SKPD lain bisa dilaksanakan.

“Kalau R-PNPM bisa membantu kesejahteraan masyarakat, harusnya Pemkab mendukung program tersebut. Tapi kalau program tersebut tidak bermanfaat bagi masyarakat, sebaiknya program tersebut dihapus saja,” pungkasnya.

Seperti diketahui, program tersebut tidak bisa dilaksanakan pada Tahun  2013, karena Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar tidak menadatangani anggaran program tersebut. Bupati tidak menadatangani anggaran program tersebut karena dikhawatirkan menimbulkan persoalan hukum, mengingat waktu untuk pelaksanaan program tersebut tidak memungkinkan. (cun)