Empat Caleg Terpilih dari Dapil Tangerang Jadi Tersangka

Empat Caleg Terpilih dari Dapil Tangerang Jadi Tersangka, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Empat Caleg Terpilih dari Dapil Tangerang Jadi Tersangka, Berita772

Empat Caleg Terpilih dari Dapil Tangerang Jadi Tersangka, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Empat Caleg Terpilih dari Dapil Tangerang Jadi Tersangka, 772, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Empat Caleg Terpilih dari Dapil Tangerang Jadi Tersangka

Ilustrasi
Ilustrasi

TANGERANG TRUSTKOTA – Empat Calon Legislatif (Caleg) terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Tangerang, tersandung hukum dan berstatus tersangka. Meski demikian, aparat hukum yang menangani kasusnya tak bisa menghentikan pelantikan  para tersangka ini menjadi  wakil rakyat di lembaga DPR, dengan alasan Undang-Undang.

Empat  wakil rakyat itu yakni, Suryadi Hendarman Caleg DPRD Provinsi Banten dari Partai PKB Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Suryadi ditetapkan sebagai tersangka oleh Polsek Serpong dalam kasus penganiayaan terhadap rekan sesama partainya.

Status tersangka juga diraih Komarudin alias Komeng, Caleg DPRD Provinsi dari Partai PDI-Perjuangan (PDI-P), Dapil Kabupaten Tangearng. Komeng yang sunter disebut orang dekat Ratu Atut Chosiyah, Gubernur Banten non aktif, statusnya kini tersangka dalam dalam kasus penipuan dan pengelapan uang di Polres Kota Tangerang.

Yang ketiga masih Caleg DPRD Provinsi Banten Dapil Kota Tangerang, Desy Yusandi. Bagi pengusaha di Tangsel nama Desy mungkin tidak asing. Wanita ini juga dikenal pengusaha sebagai orang yang dekat dengan penguasa di kota pemekaran  dari Kabupaten Tangerang itu.

Seperti kita ketahui dan ramai diberitakan media lokal dan nasional, nama Desy Yusdian ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejagung dalam kasus proyek pembangunan Puskesmas Tangsel Tahun Anggaran 2010-2011.

Dalam Surat Perintah Penyidikan Kejagung No Print. 55/F.2/Fd.1/08/2014, tanggal 12 Agustus 2014, Desy menjadi tersangka atas jabatannya sebagai Direktur di PT Bangga Usaha Mandiri.

Keempat, masih Caleg PDI-P. Herdian Koosnadi alias HK, Caleg DPR RI Nomor Urut I, dari Dapil Tangerang Raya ini, juga masuk dalam deretan nama tersangka yang ditetapkan oleh Kejagung.

Berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kejagung No Print. 58/F.2/Fd.1/08/2014, tanggal 12 Agustus 2014, Herdian Koosnandi yang juga Komisaris PT Mitra Karya Rattan, diyakini terlibat dalam korupsi Puskesmas Tangsel.

Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriyatna, yang dikonfirmasi terkait status tersangka para caleg tersebut, apakah dapat membatalkan pelantikannya? Agus mengatakan tidak.

Menurutnya, pelantikan terhadap para Caleg tersebut akan tetap dilaksanakan sebelum ada putusan hukum yang tetap.

“Berdasarkan aturan, mereka akan tetap dilantik sebagai Anggota DPRD. Kecuali, putusan hukum tetap dari Pengadilan atau Mahkama Agung (MA), ada sebelum agenda pelantikan,” kata Agus serya menyatakan, pelantikan para Caleg tersebut bukan untuk menghilangkan proses hukum yang tengah dijalankan oleh penegak hukum.

Hal yang tak jauh berbeda juga dikatakan oleh Kasat Reskrim Polres Kota Tangerang, Kompol Aris Tri Y. Menurutnya, meski jadi tersangka tidak mudah menahan Komeng, karena dia Anggota DPRD.

“Dia kan anggota DPRD, biarkan dia dilantik dulu. Lagian kita terbentur UU  bang,” kata kasat melalui telepon selulernya kepada trustkota.com. (Cun/dik)