Distanak Kabupaten Tangerang Temukan Hewan Qurban Sakit

Distanak Kabupaten Tangerang Temukan Hewan Qurban Sakit, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Distanak Kabupaten Tangerang Temukan Hewan Qurban Sakit, Berita413

Distanak Kabupaten Tangerang Temukan Hewan Qurban Sakit, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Distanak Kabupaten Tangerang Temukan Hewan Qurban Sakit, 413, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Distanak Kabupaten Tangerang Temukan Hewan Qurban Sakit

kurban

TRUSTKOTACOM  РSepekan menjelang hari raya Idul Adha, yang jatuh pada 15 Oktober 2013, petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Tangerang, melakukan pemeriksaan di sejumlah lokasi penjualan hewan kurban yang ada di Kabupaten Tangerang.

Dari pemeriksaan yang dilakukan pada Selasa (09/10/2013), petugas menemukan sapi dan kambing yang sakit mata. Kondisi itu, diakibatkan oleh iritasi selama perjalanan dari daerah asal menuju Kabupaten Tangerang.

“Untuk mengobati dan mengantisipasi agar tidak menular ke hewan yang lain, akan di obati salep mata. Hewan yang mengidap sakit mata itu hanya mengalami iritasi, jadi 2 sampai 3 hari saja akan sembuh,” kata DRH Eka S petugas pemeriksaan Distanak Kabupaten Tangerang, Selasa (09/10/2013).

Selain itu, petugas juga menemukan hewan kurban yang belum cukup umur. Kata Eka, kambing yang akan di kurbankan harus berumur di atas 1 tahun, sedangkan untuk sapi di atas 2 tahun. Para pedagang di imbau agar tidak menjual hewan belum cukup umur  untuk dijadikan hewan kurban.

“Disetiap lokasi penjualan yang kita periksa, ada 1 sampai 2 ekor hewan yang belum cukup umur untuk dijadikan kurban. Kita sudah imbau para pedagang agar tidak membohongi para pembeli,” terang Eka

Menurut Eka, para pedagang mengaku, hewan yang belum cukup umur tidak akan dijual untuk dijadikan kurban, hewan tersebut akan di jual untuk aqikah.

Ditanya apakah pihaknya menemukan hewan yang tidak layak untuk dijadikan kurban, Eka Mengatakan, untuk layak tidaknya hewan tersebut dijadikan kurban, akan ditentukan pada pemeriksaan di hari pemotongan.

” Pada hari pemotongan, kita akan melakukan pemeriksaan lagi terhadap hewan-hewan yang dijadikan kurban,”katanya.

Pantauan trustkota.com, pemeriksaan hewan kurban yang dilakukan Distanak Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten dimulai dari Desa Cibadak, hingga Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Cikupa.(cun)