Dinsos Perbaiki Rumah Kumuh Non Kawasan

Dinsos Perbaiki Rumah Kumuh Non Kawasan, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Dinsos Perbaiki Rumah Kumuh Non Kawasan, Berita217

Ahmad Hidayat, Ketua Tim Unit Reaksi Cepat (URC) DinsoS Kab. Tangerang/trustkota
Ahmad Hidayat, Ketua Tim Unit Reaksi Cepat (URC) DinsoS Kab. Tangerang/trustkota

TRUSTKOTA¬†TANGERANG–Salah satu gebrakan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang Tahun 2019 yang menjadi unggulan adalah Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) non kawasan. Gebrakan ini diharapkan dapat menjawab permasalahan rumah kumuh yang tidak terselesaikan oleh Program Gebrak Pakumis (PGP) yang membangun rumah kumuh di satu kawasan atau kampung.

Demikian disampaikan Ahmad Hidayat, Ketua Tim URC Dinsos Kabupaten Tangerang di Tigaraksa sambil menunjukkan gambar rumah yang dipakai pembangunan RTLH yang akan tersebar di berbagai titik di Kabupaten Tangerang.

“Pembangunan RTLH ini diluar kawasan atau kampung dan itu salah satu bedanya dengan program Gebrak Pakumis,” ujar Ahmad Hidayat kepada trustkota.com, Selasa (23/1/2019).

Selain itu, RTLH yang dibangun Dinsos¬† juga mengunakan kontruksi atap baja ringan dengan kamar satu sepaket dengan toilet. “Kontruksi atap baja ringan itu supaya tidak terjadi lagi kayu bekas,” tegasnya.

“Model yang akan dipakai pada perbaikan RTLH juga ada kamar sm wc yang cukup layak, walau anggarannya masih minim,” tukasnya.

Papar Ajat, begitu ia biasa disapa. Program RTLH juga melibatkan warga sekitar termasuk Pemerintah Desa dan aparat kewilayahan di Desa “Artinya ada sisi membangkitkan budaya gotong royong yang kian hilang di tengah masyarakat, ” tukasnya.

Lanjut Ajat, perbaikan RTLH Dinsos juga mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 48 Tahun 2018 tentang Pedoman Perbaikan RTLH bagi PMKS. “Insha Allah pada tahun 2019 ini kami akan membangun 31 RTLH yang tersebar di 29 Kecamatan se Kabupaten Tangerang, semoga program ini bisa membuat para kaum pra sejahtera tersenyum menatap masa depan,” pungkasnya. (joe)