Daya Beli Hewan Kurban di Kabupaten Tangerang Menurun

Daya Beli Hewan Kurban di Kabupaten Tangerang Menurun, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Daya Beli Hewan Kurban di Kabupaten Tangerang Menurun, Berita392

Hewan kurban di Kab Tangerang  jalani pemeriksaan (Sherly/TRUSTKOTA.com)
Hewan kurban di Kab Tangerang jalani pemeriksaan (Sherly/TRUSTKOTA.com)

TRUSTKOTA TANGERANG – Jelang perayaan hari raya kurban atau Idhul Adha, sejumlah pedagang hewan kurban berupa sapi dan kambing mengeluhkan menurunnya tingkat daya beli masyarakat.

Hal tersebut diakui Engkos, pedagang sapi yang berada di Jalan Raya Pemda, Desa Margasari, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

“Biasanya H-10 saja sudah terjual sampai 10 ekor kambing, tapi sekarang baru 5 ekor kambing saja yang terjual,” keluhnya.

Hal senada turut dikatakan, Rio pedagang kambing yang berada di Kampung Margasari, Desa Margasari, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Ia mengeluhkan sepinya minta beli masyarakat pada hewan kurban tahun ini.

“Sepi tahun ini, saya dari kemarin sejak buka lapak dari lima hari yang lalu, belum ada yang terjual satu pun. Padahal, dilapak saya ada 35 kambing,” ungkapnya.

Hal tersebut membuat para pedagang khawatir akan kondisi kesehatan hewan kurban.

“Saya kan di lapak, ya takut sakit saja kan kasihan juga. Makanya, sekarang kalau buka lapak yang dibawa gak banyak-banyak,” ujar Rio.

Kendati demikian, ia berharap agar pada H-3 lebaran daya beli masyarakat dapat meningkat.

Diketahui, harga sapi saat ini kisaran Rp20 juta hingga Rp26 juta per ekornya dengan ukuran sedang. Sedangkan, untuk kambing kisaran dengan Rp6 juta sampai Rp8 juta per ekor ukuran sedang. (ayi/red)