Bupati Zaki Resmikan MTQ Tingkat Kecamatan di Kelapa Dua

Bupati Zaki Resmikan MTQ Tingkat Kecamatan di Kelapa Dua, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bupati Zaki Resmikan MTQ Tingkat Kecamatan di Kelapa Dua, Berita436

Bupati Zaki Resmikan MTQ Tingkat Kecamatan di Kelapa Dua, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bupati Zaki Resmikan MTQ Tingkat Kecamatan di Kelapa Dua, 436, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bupati Zaki Resmikan MTQ Tingkat Kecamatan di Kelapa Dua

Para juara MTQ tingkat kecamatan di Kelapa Dua, berfoto bersama dengan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.
Para juara MTQ tingkat kecamatan di Kelapa Dua, berfoto bersama dengan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

TANGERANG TRUSTKOTA- Pembukaan secara serentak Musabaqah Tiawati Quran (MTQ) tingkat kecamatan Se-Kabupaten Tangerang Tahun 2014, resmi dibuka oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Rabu (19/11/2014), di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Menurut Ketua LPTQ Kec Kelapa Dua Drs. H. M. Said Amry, pelaksanaan Musabaqah Tiawati Quran (MTQ) merupakan salah satu kegiatan rutin keagamaan yang senantiasa dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan MTQ bukan hanya dilaksanakan di tingkat kecamatan dan Kabupaten saja, melainkan juga diperlombakan sampai pada tingkat Propinsi, Nasional bahkan sampai tingkat Internasional.

“Total peserta dari MTQ ini sebanyak 101 peserta terdiri dari 5 Kelurahan dan 1 Desa dan pada MTQ ini mempertandingkan 8 cabang perlombaan. Kegiatan MTQ ini juga merupakan salah satu barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran Al Quran yang berlangsung di masyarakat,” terang Said.

Sementara itu, Camat Kelapa Dua Yayat Rohiman, menambakan, apabila kita mampu menyelenggarakan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di wilayah kita dengan baik, itu berarti kita telah dapat melakukan pengkaderan qori dan qorah yang berprestasi secara mandiri sehingga tiap-tiap kelurahan dan desa dapat mengirimkan qori dan qoriah yang baru pada setiap penyelenggaraan MTQ ditingkat Kabupaten, Provinsi, maupun secara nasional bahkan Internasional.

“Pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan ini masyarakat memiliki antusias yang tinggi karena masyarakat ingin mempertahankan juara umum MTQ Tingkat Kab. Tangerang. Pada MTQ kali ini kecamatan kelapa dua akan memberikan hadiah untuk Juara Umum berupa umroh ke Tanah Suci Mekah, ini semua di lakukan untuk merangsang masarakat agar lebih antusias lagi,” ucap Camat Kelapa Dua.

Sementara itu Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar dalam sambutan pembukaan MTQ tersebut mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang, menjadikan Al-Quran sebagai satu-satunya pedoman yang harus menjadi rujukan kita dalam bersikap, bertingkah laku dan berkehidupan sehari-hari.

“Inilah yang menjadi nilai dan makna hakiki dari pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran(MTQ) yang rutin kita selenggarakan setiap tahun. Jadi keberhasilan pelaksanaan MTQ ini bukan hanya sekedar mencari sebuah kemenangan semata, tapi lebih dari itu kita harus dapat mempelajari dan mengamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari apa yang terkandung dalam Al-Quran,” ungkap Zaki.

Zaki juga mengatakan, MTQ tingkat kecamatan secara serentak ini dapat meminimalisir adanya kafilah cabutan dari luar kecamatannya masing- masing atau bahkan dari luar Kabupaten Tangerang. Karena saya yakin dan percaya, bahwa Sumber Daya Manusia yang terasah pendidikan Al-Quran nya di Kabupaten Tangerang tidak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia.

“Sekali lagi saya berharap kepada seluruh kafilah untuk terus mengasah kemampuan dalam membaca, menulis, menghafalkan dan menafsirkan Al-Quran dengan baik, jika ini terus dilakukan, bukan mustahil akan ada kafilah dari Kabupaten Tangerang yang dapat mewakili pada perlombaan di tingkat propinsi, nasional bahkan internasional, satu lagi saya tambahkan untuk yang mendapat hadiah umroh, saya akan berikan uang saku dan uang pengurusan pasport dengan uang pribadi saya sendiri,” ucap Zaki.

Perlu diketahui pada pawai depil pembukaan MTQ tersebut setiap kelurahan atau desa terbaik mendapatkan piala dari kecamatan. Dan untuk juara 1 jatuh pada kelurahan Kelapa Dua Jua dengan 191 poin, sedangkan juara dua Kelurahan Bencongan Indah dengan 190 poin, dan juara 3 dengan 189 poin jatuh kepada kelurahan Bojong Nangka. Hasil lomba pawai ta’aruf tersebut dinilai oleh dinas pendidikan dan PGRI Kelapa Dua. (Rls)