Bupati Gandeng IPB Kelola Wilayah Pantura Dengan “GERBANG MAPAN”

Bupati Gandeng IPB Kelola Wilayah Pantura Dengan “GERBANG MAPAN”, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bupati Gandeng IPB Kelola Wilayah Pantura Dengan “GERBANG MAPAN”, Berita261

Bupati Gandeng IPB Kelola Wilayah Pantura Dengan “GERBANG MAPAN”, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bupati Gandeng IPB Kelola Wilayah Pantura Dengan “GERBANG MAPAN”, 261, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bupati Gandeng IPB Kelola Wilayah Pantura Dengan “GERBANG MAPAN”

DSC_9703

TANGERANG TRUSTKOTA – Upaya Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam mewujudkan pembangunan di pesisir pantai Kabupaten Tangerang, bagi kesejahteraan masyarakat terus dilakukan melalui Program GERBANG MAPAN (Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai).

Menurut Bupati Zaki, demi tercapainya Program GERBANG MAPAN tersebut, pihaknya menggandeng salah satu universitas Tinggi yang ternama yaitu IPB. Pertemuan yang di adakan di Ruang Wareng Gedung Setda Kabupaten Tangerang ini, untuk menindak lanjuti pematangan konsep yang di miliki IPB (roadmap) kepada Pemkab Tangerang Khususnya Bupati, Selasa, (18/11/2014).

Lanjut Zaki, dalam rangka menciptakan pembangunan di wilayah pesisir Kabupaten Tangerang lebih fokus, terukur yang dan terpadu serta berkelanjutan, maka Pemerintah Kabupaten Tangerang menggandeng Pusat Kajian Sumber daya Pesisir dan Lautan Institut Pertanian Bogor(PKSPL-IPB) untuk menyusun perencanaan pembangunan di wilayah pesisir dan laut berbasiskan desa.

Masih kata Zaki, hasil akhir dari kajian ini adalah dokumen yang berisikan desain dan rencana program pembangunan di wilayah pesisir dan laut Kabupaten Tangerang yang komprehensif yang disebut Roadmap Program GERBANG MAPAN.

“Saya sangat berharap sebelum 2018 program gerbang mapan ini sudah bisa dirasakan oleh kita semua, khususnya masyarakat sekitar,” harap Zaki.

Tambah Zaki, dirinya sangat sadar benar akan hal ini, Dia sadar dengan panjang pantai mencapai 512 km, yang di dalamnya mencakup 8 kecamatan dan 25 desa, wilayah pesisir Kabupaten Tangerang masih dihadapkan pada permasalahan pemenuhan infrastrutur dasar yang masih minim, kegiatan perekonomian masyarakat yang belum berkembang serta, kehidupan masyarakat yang belum berdaya.

“Bukan hanya sekedar infrastruktur saja yang kita bangun, tetapi mindset masyarakat akan kita rubah dan kita bangun karakter masyarakat pantura lebih maju,” ucap Bupati.
Sementara itu, DR Luky Adrianto Pimpinan rombongan dari IPB mengatakan, Program Gerbang Mapan ini bukan hanya milik salah satu Dinas saja, tepati program gerbang mapan ini milik pemkab Tangerang (multi sektoral) artinya semua Dinas terlibat dan terkait akan suksesi program ini.

Masih katanya, Program GERBANG MAPAN bertujuan untuk mempercepat perumbuhan infrastruktur dasar, pengembangan perekonomian masyarakat dan memberdayakan masyarakat di wilayah pesisir Kab. Tangerang, untuk siap menyongsong pembangunan kawasan reklamasi pantai utara sebagi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

“Kondisi wilayah pantai utara yang didominasi prasarana, sarana dan utilitas yang belum memadai serta dihuni oleh masyarakat berpenghasilan rendah juga menjadi alasan peluncuran prorgam ini,” ungkapnya.

Program GERBANG MAPAN dirancang Bupati Zaki, secara matang dengan tahapan dan indikator yang jelas dan terukur. Sehingga, program tersebut dapat benar-banar dirasakan oleh masyarakat wilayah utara Kab. Tangerang. (Bil)