BPK TKI di Salapajang Pindah ke Terminal 2 Bandara

BPK TKI di Salapajang Pindah ke Terminal 2 Bandara, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, BPK TKI di Salapajang Pindah ke Terminal 2 Bandara, Berita176

BPK TKI di Salapajang Pindah ke Terminal 2 Bandara, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, BPK TKI di Salapajang Pindah ke Terminal 2 Bandara, 176, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, BPK TKI di Salapajang Pindah ke Terminal 2 Bandara

KPK dan Mabes Polri sidak pelayanan TKI di Terminal II Bandara Soekarno Hatta.
KPK dan Mabes Polri sidak pelayanan TKI di Terminal II Bandara Soekarno Hatta.

TANGERANG TRUSTKOTA – Help Desk dan Crisis Center di Lounge TKI, Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, resmi menjadi lokasi pengganti para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bermasalah, yang sebelumnya bertempat pada Balai Pelayanan Kepulangan (BPK) TKI di Selapajang, Kota Tangerang.

Fasilitas pelayanan tersebut diresmikan langsung oleh Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Gatot Abdullah Mansyur, pada Rabu (1/10/2014) pagi tadi.

Menurutnya, softlauncing Help Desk dan Crisis Center ini sekaligus menjadi simbol penghapusan atau pengosongan secara bertahap terminal khusus TKI di Selapajang sampai dengan akhir Oktober, yang merupakan hasil kesepakatan KPK dan sejumlah lembaga dalam rapat koordinasi beberapa waktu lalu.

“Pengosongan ini harus selesai hingga 1 November. Sambil berjalan, kita pindahkan fasilitasnya ke Lounge TKI Terminal 2. Jadi di Selapajang sudah tidak ada lagi kegiatan, ditutup mulai hari ini,” jelasnya.

Pelayanan terhadap TKI dalam Help Desk dan Crisis Center sendiri, kata Gatot, dikhususkan bagi TKI bermasalah, meliputi pendataan, penanganan pengaduan, penanganan dan pemulangan ke daerah asal, pelayanan deportasi/repatriasi, pelayanan kesehatan dan pengantaran TKI sakit, pelayanan kepulangan jenazah, pelayanan TKI membawa anak, melahirkan serta transit.

“Kalau dulu di Selapajang kan lebih besar tempatnya. Sementara yang di lounge TKI ini lebih kecil tapi kita optimalkan. Diharapkan bisa meminimalisir dan menghilangkan pemerasan terhadap TKI yang selama ini menjadi masalah,” terangnya.

Gatot juga menambahkan, terkait dengan gedung BPK-TKI Selapajang, pihaknya akan melakukan penguncian, sambil menghitung aset-aset yang nantinya akan dikembalikan.

“Kita lagi milah-milah barang disana, gedungnya kan punya Kemenaker, tanahnya punya AP II. Nanti bagaimana pengembaliannya akan dibicarakan lagi,” tukasnya.

Sementara itu, Manajer Humas dan Protokol Bandara Soekarno-Hatta, Yudis Tiawan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan semua fasilitas yang di butuhkan untuk Help Desk dan Crisis Center TKI tersebut.

“Pada prinsipnya kita menyambut baik dan sudah menyapkan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan dalam rangka peningkatan kenyamanan TKI. Fasilitasnya seperti money changer, ruang tunggu, kantin dan lain-lain,” pungkasnya. (Fth/Dik)