BLH Lebak Luncurkan Gemingsih

BLH Lebak Luncurkan Gemingsih, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, BLH Lebak Luncurkan Gemingsih, Berita584

BLH Lebak Luncurkan Gemingsih, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, BLH Lebak Luncurkan Gemingsih, 584, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, BLH Lebak Luncurkan Gemingsih

IMG_20150317_194417

LEBAK,TRUSTKOTA- Badan Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Lebak,terus memotivasi warga dan siswa untuk mencintai lingkungan, dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat, serta membersihkan selokan dan drainase melalui Gerakan Minggu Bersih ( Gemingsih).

Kepala Badan LH Lebak, Nana Sunjana, didampingi kepala bidang (Kabid) Komunikasi dan Konservasi Lingkungan, Iwan Sutikno mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat  akan mengundang seluruh ketua RW dan RT di Lebak untuk mensosialisasikan Gemingsih.

”Diakui dan tidak, kegiatan gotongroyong ditengah tengah masyarakat kini sudah mulai pudar.Diharapkan dengan Gemingsih ini bisa menghidupkan kembali gerakan gotongroyong di masyarakat,” Ujar Nana, Senin (20/4/2015)‎

Gemingsih ini, kata Nana selain menghidupkan kembali gerakan gotongroyong ditengah kehidupan masyarakat,juga sekaligus mendukung gerakan Jumat Bersih (Jumasih) yang dicanangkan oleh bupati LebakIti Octavia Jayabaya.

“Kalau Jumsih itukan hanya terkesan diikuti oleh PNS, namun kalau Gemingsing ini melibatkan masyarakat,” imbuhnya.

Selain mensosialisasikan Gemingsih, sambung Nana BLH Lebak juga mensosialisasikan cinta lingkungan dikalangan siswa, dengan menjadi inspektur upacara (Irup) setiap hari Senin di sekolah yang ada di Lebak secara bergiliran, dalam upaya mendukung program Adiwiyata (sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan).

“Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini, diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif,” Kata Nana.

Khusus dalam pelaksanaan program Adiwiyata ini, sambung Nana pihaknya bekerjasama dengan para stakeholders, dengan harapan dapat mengajak warga sekolah melaksanakan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpartisipasi melestarikan serta menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.

Sementarra Kabid Komunikasi dan Konservasi Lingkungan, Iwan Sutikno menjelaskan, sejak dicanangkannya gerakan Jumsih,kini mulai tumbuh kesadaran warga untuk menjalani hidup bersih,dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat. Apalagi adanya ketentuan dari Dinas Perhubungan Lebak,yang mengharuskan setiap bus dari dan ke Rangkasbitung,harus menyediakan tong sampah didalam kendaraan,sehingga setibanya di terminal mereka tidak membuang sampah disembarangan tempat. (Riz)