Berhasil Bantu Si Miskin, Gebrak Si Pintar Kabupaten Tangerang Jadi Percontohan Nasional

Berhasil Bantu Si Miskin, Gebrak Si Pintar Kabupaten Tangerang Jadi Percontohan Nasional, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Berhasil Bantu Si Miskin, Gebrak Si Pintar Kabupaten Tangerang Jadi Percontohan Nasional, Berita566

Berhasil Bantu Si Miskin, Gebrak Si Pintar Kabupaten Tangerang Jadi Percontohan Nasional, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Berhasil Bantu Si Miskin, Gebrak Si Pintar Kabupaten Tangerang Jadi Percontohan Nasional, 566, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Berhasil Bantu Si Miskin, Gebrak Si Pintar Kabupaten Tangerang Jadi Percontohan Nasional

Pemanfaat Program Gebrak Si Pintar berfoto bersama Dinas Koperasi Kabupaten Tangerang.
Pemanfaat Program Gebrak Si Pintar berfoto bersama Dinas Koperasi Kabupaten Tangerang.

TRUSTKOTACOM TANGERANG – Gerakan Berantas Kemiskinan (Gebrak), Si Pintar, salah satu dari 25 Program Unggulan Pemerintah Kabupaten Tangerang, kini terus menjadi percontohan secara nasional. Berbagai wilayah di Indonesia datang ke Kabupaten Tangerang, untuk mengdopsi Program Gebrak Si Pintar. Gebrak Si Pintar dianggap program nyata dalam membantu masyarakat miskin.

“Minggu ini saja, yang sengaja datang ke Tangerang untuk mengadopsi program si Pintar dari Papua, Nusa Tengara Timur (NTT), Nusa Tengara Barat (NTB), Sumatra, Bengkulu, Kabupaten Pandeglang, Jawa Timur (Jatim), Patim pemekasan, Madura, Pulau Ende, Muko muko, Aceh, Pidi Jaya, Cirebon,” kata Sekretaris Dinas Koperasi Kabupaten Tangerang, Hj E. Farida, SE. M.Si,  Minggu (15/06/2014).

Menurut Farida, selain wilayah-wilayah itu, Pemerintah DKI, Jawa arat dan Jogjakarta juga, mengadopsi Gebrak Si Pintar ke Kabupaten Tangerang. Gebrak Si Pintar, Lanjut Farida, dianggap sebagai program yang nyata dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Alasan mereka mengadopsi Program Gebrak Si Pintar ini, karena tidak merongrong Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Dan realisasi programnya nyata membantu masyarakat dalam peningkatan ekonomi. Prioritas pelayanan Gebrak Si Pintar benar-benar masyarakat yang ekonominya lemah, ” terang Farida.

Tahun 2013 saja, program yang mendapatkan modal dari Dana Permodalan APBD  melalui UPT.UPDB Koperasi & UMKM dan mampu memberikan pelayanan pembiayaan kepada masyarakat tidak mampu di Kabupaten Tangerang sebanyak 71,310 masyarakat yang ada di 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang.

“Tahun 2013 realisasi pembiayaannya sekitar Rp  18,523,058,692. Untuk  tahun 2014 ini rencana pembiayaannya Rp 115,885,352,867. Dapat bantuan dari APBD Kabupaten Tangerang sebesar Rp 15,523,058,692. Sampai bulan Maret tahun ini saja pembiayaan sudah mencapai Rp 103,912,922,371 dengan masyarakat pemanfaatnya sebanyak 74,691,” terang  Farida.

Farida menambahkan, dana  APBD Tahun 2013 berasal dari pengalihan Asset Pemda Kabupaten Tangerang dari LPP-UMKM. Sementara dana APBD 2014 dan rencana 2015 adalah Tambahan Investasi baru APBD kepada UPDB- sebagai UPT Dinas KUMKM.

Sumber Dana Lain  yang membuat pola Gebrak Sipintar mampu memperluas pelayanan, lanjut Farida, adalah Sumber Dana Pembiayaan yang bukan dari  APBD diantaranya melalui Kejasama Koperasi dengan  Lembaga Perbankan dan Lembaga Keuangan lainnya. (LPDB, PKBL BUMN/ BUMD dan LKM) dan Modal Awal (setoran Pokok dan Sertifikat  Modal Koperasi/SMK) dari Anggota Koperasi yang tergabung sebagai pemanfaat dan pemilik Koperasi.

“Seluruh masyarakat yang mendapatkan pembiayaan dari program ini merasa terbantu.
Dari Kecamatan yang sudah dilayani masih banyaknya desa yang belum terlayani antara lain, untuk wilayah Sukamulya, Balaraja, Kresek, Sukamulya, Legok, Cikupa, Kelapa Dua, Curug dan Tigaraksa,” tambah Farida. (Dik)