Bea dan Cukai Amankan 3 Kurir Sabu

Bea dan Cukai Amankan 3 Kurir Sabu, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bea dan Cukai Amankan 3 Kurir Sabu, Berita456

Bea dan Cukai menunjukan barangbukti dan para tersangka, Senin (01/03/2021).
Bea dan Cukai menunjukan barangbukti dan para tersangka, Senin (01/03/2021).

TRUST TANGERANG-Tiga terduga pelaku kurir narkoba jenis sabu yang diamankan Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe C Soekarno Hatta, Tangerang, Banten diupah Rp4,5 juta untuk sekali pengiriman.

Kasubdit II Dittipid Narkoba Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Muhammad Anwar mengungkapkan, dari hasil interogasi, diketahui para pelaku ini mendapatkan barang haram tersebut dari Malaysia yang akan disebarkan ke wilayah Surabaya dan Madura, Jawa Timur.

“Sayangnya, bandar yang ada di Malaysia masih berstatus DPO (daftar pencarian orang, Red) karena kabur setelah kurirnya ini ditangkap,” ujarnya kepada wartawan di Terminal Kargo Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Senin (1/3/2021).

Dia juga mengatakan, ketiga terduga pelaku itu adalah kurir yang berstatus sebagai tenaga kerja migran Indonesia di Malaysia dan mereka diupah untuk sekali pengiriman Rp4,5 juta.

“Mereka baru di panjer Rp500 ribu dan bila barang tersebut sampai baru dilunasi seluruhnya oleh sang bandar,” terangnya.

Anwar menyatakan, sang bandar yang masih DPO di Malaysia itupun berkewarganegaraan Indonesia. Jadi, dia merekrut rekan-rekannya sesama warga negara Indonesia yang berkerja di Malaysia.

Atas perbuatannya, ketiga terduga pelaku melanggar Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, mereka diancam dengan hukuman pidana mati, pidana seumur hidup, atau pidana penjara paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimum Rp10 milyar ditambah 1/3 dalam hal barang bukti melebihi satu kilogram.

Sebelumnya diberitakan, narkotika jenis sabu yang dikemas dalam tiga kapasitor mobil serta stop kontak diamankan Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe C Soekarno Hatta, Tangerang Banten.

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe C Soekarno Hatta, Finari Manan mengatakan, pengungkapan ini berawal dari kecurigaan petugas terhadap barang bawaan milik pria berinisial MF berusia 21 tahun di Terminal 3, Kedatangan Internasional Bandara Soekarno Hatta.

“Berdasarkan hasil pencitraan x-ray, petugas kami mencurigai barang bawaan penumpang tersebut berupa didapati tiga buah kapasitor mobil dan satu buah stop kontak,” ungkapnya kepada wartawan, di Terminal Kargo Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Senin (1/3/2021). (red)