Bau Menyengat dari Pabrik Batako Resahkan Warga Rancaiyuh

Bau Menyengat dari Pabrik Batako Resahkan Warga Rancaiyuh, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bau Menyengat dari Pabrik Batako Resahkan Warga Rancaiyuh, Berita370

Penampakan pabrik batako di Desa Rancaiyuh, Panongan/trustkota
Penampakan pabrik batako di Desa Rancaiyuh, Panongan/trustkota

TRUST PANONGAN- Warga di Kampung Gerudug, Desa Rancaiyuh, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang resah. Hal itu menyusul menyengatnya bau limbah yang berasal dari PT Kusuma Semesta Abadi yang diketahui warga memproduksi batako.

Ketua RT 04/01 Odin mengungkapkan, menyengatnya bau limbah yang diduga Limbah dari Bahan Bahaya dan Beracun (B3).

“Sejak dua minggu bau menyengat dari arah pabrik batako semakin hari semakin parah dan warga sudah mulai resah dan protes,” ungkap Odin kepada trustkota.com.

Menurut Odin, warga Kampung Gerudug tidak mempermasalahkan keberadaan pabrik batako di wilayah tersebut yang berdiri sekitar tahun 2017 yang lalu.

“Tapi yah dari bahan selayaknya bikin batako. Jangan gunakan bahan dari limbah yang baunya menyengat. Terlebih belakangan ini musim angin kencang, jadi baunya bikn warga pusing bahkan mual-mual,” tukasnya.

Ia berharap, pihak terkait dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang bisa mengambil sikap atas keluhan warga.

“Jangan sampai kesabaran warga hilang dan melakukan hal-hal tidak diinginkan,” tukasnya.

Sementara, Sekretaris Desa (Sekdes) Rancaiyuh Hudori membenarkan adanya laporan warga terhadap keluhan menyengatnya bau limbah yang diduga B3 dari pabrik batako.

“Baunya memang parah dan beberapa warga sudah terjangkit pusing karena diduga menghirup bau yang menyengat dari pabrik tersebut,” katanya.

Terang Hudori, protes warga tersebut dilakukan dengan membubuhkan tanda tangan dan menyerahkan foto copy KTP agar masalah tersebut dilaporkan pihak terkait. “Besok akan dilayangkan laporanĀ  secara tertulis ke DLHK Kabupaten Tangerang,” tukas Hudori. (joe/red)

www.trustkota.com