Baru Zaki, Kepala Daerah Peduli Ponpes dan Santri

Baru Zaki, Kepala Daerah Peduli Ponpes dan Santri, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Baru Zaki, Kepala Daerah Peduli Ponpes dan Santri, Berita661

Baru Zaki, Kepala Daerah Peduli Ponpes dan Santri, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Baru Zaki, Kepala Daerah Peduli Ponpes dan Santri, 661, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Baru Zaki, Kepala Daerah Peduli Ponpes dan Santri

Bupati Tangerang Ahmed  Zaki Iskandar.
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

TRUST TANGERANG – Setelah sukses di priode pertamanya, mewujudkan Sanitasi Sekolah (SANISEK), di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), kini Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar B.Bus, MSi, tengah menggencarkan pembangunan Sanitasi Berbasis Pesantren (SANITREN).

Sepertinya, baru Bupati Zaki, kepala daerah di Indonesia, yang melakukan pembenahan dan pembangunan untuk sarana dan insfrastruktur Pondok Pesantren (Ponpes), secara serius dan merata demi berjalannya aktivitas pendidikan di Ponpes.

Bahkan, Zaki menargetkan 5 Tahun kedepan, ketika masa jabatannya habis di priode kedua ini, program unggulanya itu, sudah dirasakan manfaatnya oleh para Ponpes dan santri.

“Kemarin kita bangun SANISEK di sekolah-sekolah SD dan SMP di Kabupaten Tangerang, kini gilirin Ponpes agar pembenahan dan pembangunan yang kita lakukan merata,” ungkap Zaki.

Atas programnya di dunia pendidikan ini, Zaki mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan termasuk masyarakat Kabupaten Tangerang sendiri. Atas apresiasi itu sendiri, Zaki tak berbangga diri.

“Apapun yang saya lakukan untuk masyarakat, sudah menjadi kewajiban saya, sebagai pemimpin Kabupaten Tangerang. Saya harus peduli terhadap masyarakat dan pendidikanya. Sekolah mauapun Ponpes kan, melahirkan generasi bangsa untuk masa depan,” kata Zaki.

Zaki menjelaskan, pembangunan SANITREN ini, diharapkan salah satu pembangunan yang merata bagi dunia pendidikan. Selain memberikan manfaat bagi aktivitas belajar mengajar, Sanitasi ini juga sebagai salah upaya menciptakan lingkungan Ponpes yang bersih dan sehat.

“Saya berharap generasi bangsa dari sekolah maupun Ponpes memiliki kualitas pendidikan yang diharapkan dibidangnya masing-masing,” tegas Zaki.

Saat ini sendiri sudah 46 sanitasi di Pesantren telah dibangun dan diresmikan Zaki sebagai Bupati Tangerang.  Ke-46 SANITREN ini, diresmikan secara simbolis pada Rabu (13/02/19), di Ponpes As-Sanusiyah Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang.

Zaki meminta dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang dalam menyelesaikan program ini. Kata Zaki, sasaran pembangunan ini tak lain peningkatan kualitas pelayanan umum di bidang sanitasi dan air bersih seperti yang diharapkan.

“Insya Allah program ini akan terus ditingkatkan. Tahun 2019 ini, sudah saya instruksikan ke seluruh jajaran untuk mengalokasikan anggaran bagi Sanitasi di 150 Ponpes,” terang Zaki seraya mengajak dan meminta merawat dan menjaga anitasi yang sudah dibangun.

Sanitren ini sudah dilakukan pembangunannya pada tahun 2018,
Sebanyak 46 unit dan telah diresmikan untuk dimanfaatkan para santri. Sementara Tahun ini 2019 akan dibangun sekitar 150 unit. Sanitren merupakan program yang masuk dalam 15 program Unggulan dan tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tangerang. (krj/dik)