Bantuan Rp 1 Miliar Untuk Desa, Kades Akan Diberi Pelatihan

Bantuan Rp 1 Miliar Untuk Desa, Kades Akan Diberi Pelatihan, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bantuan Rp 1 Miliar Untuk Desa, Kades Akan Diberi Pelatihan, Berita113

Bantuan Rp 1 Miliar Untuk Desa, Kades Akan Diberi Pelatihan, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bantuan Rp 1 Miliar Untuk Desa, Kades Akan Diberi Pelatihan, 113, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bantuan Rp 1 Miliar Untuk Desa, Kades Akan Diberi Pelatihan

Ilustrasi
Ilustrasi

PANDEGLANG TRUSTKOTA – Program pengelolaan keuangan desa sebesar Rp 1 miliar untuk satu tahun yang digelontorkan pemerintah tahun 2014 harus dikawal dan diawasi oleh masyarakat agar bisa terserap untuk pembangunan di wilayah tersebut.

”Program 1 miliar setiap desa yang digelontorkana oleh pemerintah harus diawasi agar bisa terserap dengan baik, dalam hal ini camat juga tidak tinggal diam untuk melakukan pengawasan,”tegas aktivis dari lembaga Pemantau Aset Negara Republik Indonesia (PANRI) Provinsi Banten, Aang Kunaefi,Sabtu (16/8/2014)

Menurutnya, program 1 miliar perdesa ini merupakan penjabaran atau penjawantahan dari otonomi daerah (otda) yang pada kenyataannya masih setengah hati dilakukan oleh pemerintah pusat.

“Bahkan dari program otda di era reformasi ini banyak menimbulkan raja-raja kecil di daerah dan tidak sedikit menimbulkan kerugian Negara yang diakibatkan oleh Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN). Untuk itu, seluruh elemen masyarakat diharapkan untuk mengawal dan mengawasi terhadap program 1 miliar setiap desa dalam pengelolaan keuangan itu.”tandasnya lagi.

Ditempat terpisah Sekretaris Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Provinsi Banten, Drs H Aep Jaenudin MPd mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan pelatihan kepada para kepala desa, sekretaris desa (sekdes) yang sudah menjadi PNS termasuk para camat terkait dengan pengelolaan keuangan desa sebesar Rp 1 miliar tersebut, diantaranya gerbang ratu yang digelontorkan Pemprov Banten.

“Yah tahun ini akan dilaksanakan diklat terkait program 1 miliar perdesa, pesertanya para kepala desa, sekdes termasuk camat yang juga ikut mengawasi dalam pelaksanaannya. Diklat itu dilaksanakan agar pengelolaan keuangan 1 miliar bisa berjalan dengan baik dan penuh tanggujawab agar tepat guna dan tepat sasaran,”ungkapnya.

Sementara para camat selain menyambut baik adannya program itu juga mengaku hawatir dan was-was terjadi masalah dikemudian hari, untuk itu sangat mendukung dengan pelatihan soal pengelulaan keuangan sebelum anggaran dikucurkan ke desa.

“Kami sangat mendukung program 1 miliar namun disisilan kondisi saat ini hawatir menimbulkan masalah karena meski dana itu langsung diberikan kepada rekening desa, tetapi dalam mekanismenya kita juga harus mengawasi. Untuk itu, kami sangat menyambut baik adanya pelatihan tentang pengelolan keuangan yang diikuti oleh para kades dan sekdes,”kata beberapa camat di wilayah Pandeglang Selatan.(Yar)