Atribut Caleg di Kota Tangerang Mulai Ditertibkan Panwaslu

Atribut Caleg di Kota Tangerang Mulai Ditertibkan Panwaslu, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Atribut Caleg di Kota Tangerang Mulai Ditertibkan Panwaslu, Berita451

Atribut Caleg di Kota Tangerang Mulai Ditertibkan Panwaslu, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Atribut Caleg di Kota Tangerang Mulai Ditertibkan Panwaslu, 451, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Atribut Caleg di Kota Tangerang Mulai Ditertibkan Panwaslu

Petugas Panwaslu Kota Tangerang, saat menertibkan reklame di Kampung Gunung Sari, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang.
Petugas Panwaslu Kota Tangerang, saat menertibkan reklame di Kampung Gunung Sari, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang.

TRUSTKOTACOM – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangerang, belakangan ini gencar mencopot sejumlah atribut / alat peraga kampanye, Calon Anggota Legislatif (Caleg), disejumlah titik di wilayah Kota Tangerang, Rabu (04/12/2013) .

“Ya, kami melakukan penertiban alat peraga caleg yang tidak memenuhi aturan dalam Peraturan KPU no 15 tahun 2013. Karena didalam aturan itu caleg DPR RI, DPRD kabupaten dan kota tidak diperkenankan untuk menggunakan bildboard atau spanduk sebagai alat peraga,” kata Sekretaris Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim, kepada wartawan.

Agus menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah menertibkan sejumlah alat peraga kampanye Caleg, dibeberapa titik yang ada diwilayah Kota Tangerang.

“Penertiban ini adalah yang kesekian kalinya, beberapa minggu lalu kami juga sudah menertibkan diwilayah Kecamatan, Pinang, Karawaci, Tangerang, Benda dan sekarang di Kecamatan Cibodas,” paparnya.

Agus juga berharap, ini menjadi kegiatan penertiban alat peraga yang terakhir. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh kandidat caleg, agar dapat menaati peraturan tersebut.

“Kepada para caleg yang tidak diperkenankan untuk memasang di bilboard atau spanduk, agar menghentikan kegiatan itu dengan kesadarannya sendiri,” imbaunya.

Saat ditanya soal sanksi apa yang dapat dikenakan kepada para caleg yang masih membandel dan tetap memasang alat peraga di bilboard atau spanduk, pihaknya mengaku ada sanksi administrasi. Namun hal itu menjadi ranahnya Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Tentunya ada sanski administrasi, hanya saja itu menjadi ranahnya KPU. Kita hanya sebatas sebagai pengawasan. Panwaslu juga telah meminta KPU Kota Tangerang,¬† agar segera membuat zona ¬†pemasangan alat peraga kampanye, agar para caleg tidak memasangnya secara sporadis,” katanya.

Terpisah, Ketua KPU Kota Tangerang, Syafril Elain mengatakan, zona untuk pemasangan alat peraga kampanye caleg adalah sesuai kesepakatan dengan peraturan KPU No 15 tahun 2013 dan SK Walikota, Tentang Jalan Protokol.

“Bagi para caleg yang alat peraganya melanggar aturan tersebut akan diturunkan paksa serta ada sanksi tegur,” kata Syafril, saat dihubungi melalui BlackBerry Mesengger (BBM) nya

Dalam penertiban tersebut, reklame salah satu Caleg DPR-RI, yakni Irgan Chairul Mahfiz, di Kampung Gunung Sari, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, ditertibkan petugas.(ges)