APBD Kabupaten Serang Rp 1,739 Triliun

APBD Kabupaten Serang Rp 1,739 Triliun, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, APBD Kabupaten Serang Rp 1,739 Triliun, Berita784

APBD Kabupaten Serang Rp 1,739 Triliun, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, APBD Kabupaten Serang Rp 1,739 Triliun, 784, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, APBD Kabupaten Serang Rp 1,739 Triliun

Ilustrasi APBD
Ilustrasi APBD

TRUSTKOTACOM – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang tahun anggaran 2013 ditetapkan sebesar Rp 1,739 triliun dalam rapat paripurna pada Rabu (5/12). Anggaran tersebut terdiri dari belanja tak langsung sebesar Rp 958 milyar dan belanja langsung sebesar Rp 781 milyar.

Pendapatan sebesar Rp 1,540 triliun berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 257 miliar  dari pajak daerah Rp 131,75 milyar, retribusi Rp 19,79 miliar dan lain-lain Rp 26,3 miliar dana dari dana perimbangan Rp1,025 miliar serta dari bagi hasil pajak Rp 81 miliar.

Menurut Bupati Kabupaten Serang Ahmad Taufik Nuriman, dengan ditetapkannya APBD 2013 tersebut pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan mengoptimalkan skala prioritas dalam pembangunan. Bupati menjelaskan, skala prioritas pada tahun 2013 meliputi pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Serang, Jalan Interchange Serang timur, peningkatan jalan kabupaten serta Poros Desa, sarana pendidikan, pengadaan lahan SMK di Kecamatan Padarincang serta Pabuaran, pembanguna Puskesmas percontohan dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

“APBD 2013 akan lebih terfokus ke skala prioritas Pemkab yang dinilai memang harus segera dibenahi sehingga pembangunan di Kabupaten Serang dapat terlaksana sesuai harapan semua pihak,” ujarnya.

Taufik Nuriman berharap, dengan APBD 2013 diharapkan mencerminkan Kabupaten serang ke arah pembangunan yang lebih baik serta menciptakan masyarakat yang kondusif. Kemudian pada tahun yang sama itu diharapkan juga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menjadi PAD.

“Dengan mengoptimalkan APBD ini semoga membawa dampak positif bagi pembangunan. Kemudian semoga PBB pada 2013 menjadi PAD sehingga menambah pengahsilan daerah,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang, Lalu Atharussalam menambahkan,  sementara untuk dana hibah pada APBD 2013 sebesar 10 milyar. Dimana sebagian besar dana hibah tersebut diberikan kepada Masjid Terapung Banten (MTB) sebesar tiga miliar dan sisa yang diberikan ke pondok pesantren, majelis ta’lim dan lain-lain.(Kon-1)