Antisipasi Banjir, Pemkab Lebak Diminta Tata Ulang Drainse Perkotaan‎

Antisipasi Banjir, Pemkab Lebak Diminta Tata Ulang Drainse Perkotaan‎, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Antisipasi Banjir, Pemkab Lebak Diminta Tata Ulang Drainse Perkotaan‎, Berita717

Antisipasi Banjir, Pemkab Lebak Diminta Tata Ulang Drainse Perkotaan‎, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Antisipasi Banjir, Pemkab Lebak Diminta Tata Ulang Drainse Perkotaan‎, 717, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Antisipasi Banjir, Pemkab Lebak Diminta Tata Ulang Drainse Perkotaan‎

IMG_20150317_194417

LEBAK,TRUSTKOTA- Pemkab Lebak diminta tataulang sistem drainase perkotaan. Alasanya, saat ini drainase-drainase yang ada di perkotaan tak mampu menampung debit air hujan, sehingga tak jarang menyebabkan terjadiny banjir disejumlah titik yang ada di wilayah kota Rangkasbitung dan sekitarnya.

‎” Yang jelas kalau musim penghujan tiba, penyebab terjadinya banjir di sejumlah titik di kota Rangkasbitung ini, tak lain karena sistem drainse yang kurang tertata dengan baik. Untuk itu kami berharap ada upaya yang terbaik dari pemerintah daerah. Sehingga kedepan, kalau musim hujan tiba, tidak terjadi banjir lagi, ” Ujar wakil ketua DPRD Lebak, Yogi Rahmat, Sabtu, (25/04/2015).

‎Bahkan Yogi berjanji‎ akan mendukung program Pemkab dalam penataan drainase.Berapapun anggaran yang di usulkan Pemerintah Daerah dan DPRD akan menyetujuinya.Asal Pemkab tuntas dalam penyelesaian banjir yang terjadi pada saat hujan turun.

“Persoalan banjir sangat menyengsarakan‎ masyarakat. Penyebabnya satu,yaitu buruknya sistem drainase di wilayah perkotaan.Oleh karena itu,drainase perkotaan harus di tata ulang agar tidak ada lagi banjir sekitar kota,”terangnya.

Pemkab, kata Yogi harus serius menangani masalah banjir di wilayah perkotaan ,sebab jika tidak di tangani serius kota Rangkabitung setiap kali hujan deras akan terus terendam.

“Kita minta Bupati menunjuk SKPD khusus untuk menanganimasalah drainase.Jangan serahkan kepada Dinas Kebersihan,karena selama ini Dinas tersebut belum mampu mengatasi banjir di wilayah perkotaan yang terjadi setiap tahun,” Sarannya.

‎Terpisah,Kepala Dinas Kebersihan Kabupaten Lebak Sumardi menyatakan,terkait pembangunan drainase bukan menjadi kewenangan Dinas Kebersihan. Namun,jika urusan sampah di dalam drainasedan saluran air tidak berfungsi maka itu sudah tugas dinasnya.‎Oleh karena itu, sambung Sumardi pihaknya akan bersinergi dengan SKPD lain untuk mengatasi persoalan banjir di wilayah perkotaan.

“Pihaknya akan mengoptimalkan membersihkan sampah yang menyumbat distribusi air yang mengalir ke sungai,tujuannya,untuk meminimalisir terjadinya banjir,” Jelasnya. (Riz)