Antisipasi Banjir Musim Penghujan, Pemkot Tangerang Siagakan Garda Bencana

Antisipasi Banjir Musim Penghujan, Pemkot Tangerang Siagakan Garda Bencana, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Antisipasi Banjir Musim Penghujan, Pemkot Tangerang Siagakan Garda Bencana, Berita740

Antisipasi Banjir Musim Penghujan, Pemkot Tangerang Siagakan Garda Bencana, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Antisipasi Banjir Musim Penghujan, Pemkot Tangerang Siagakan Garda Bencana, 740, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Antisipasi Banjir Musim Penghujan, Pemkot Tangerang Siagakan Garda Bencana

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, H. Diding Iskandar.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, H. Diding Iskandar.

TRUSTKOTACOM – Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), tengah menyiapkan langkah antisipasi terjadinya musibah banjir di sejumlah wilayah.

Damkar Kota Tangerang yang bertugas sebagai tim penanggulangan bencana, kini telah menyiagakan garda terdepan dalam menangani terjadinya bencana. Namun selain Damkar adapula sejumlah instansi dan lembaga yang tergabung dalam tim penanggulangan bencana.

“Kita berkoordinasi dengan berbagai pihak. Damkar fokus evakusi dan penyelamatan, Dinas kesehatan untuk penanggulangan penyakit sementara untuk logistik tugas Dinas Sosial. Selain itu kita juga dibantu unsur Tagana, Mapala dan TNI,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Diding Iskandar, Senin (04/11/2013).

Menurutnya, sejumlah wilayah yang menjadi langganan banjir diantaranya Kecamatan Priuk, Komplek DDN Karang Tengah, Kecamatan Ciledug dan Kecamatan Karawaci. “Wilayah tersebut menjadi prioritas penanggulangan,” kata Diding.

Sejumlah sarana dan prasarana yang disiapkan Damkar dalam rangka penanggulangan banjir diantaranya adalah 29 unit perahu berikut pelampung serta 100 personil yang siap disiagakan.

“Kita juga mengadakan pelatihan serta sosialisasi kepada masyarakat terkait penanggulangan bencana banjir,” tandasnya.

Kepala Bidang Rescue pada Damkar Kota Tangerang Endang Maturidi mengatakan, minggu ini pihaknya akan menggelar rapat internal bersama pimpinan, staf, dan komandan pleton bidang rescue untuk membahas persiapan penanggulangan banjir.

“Di dalamnya dibahas mengenai personil, peralatan, dan monitoring wilayah rawan banjir.
Dengan kegiatan seperti ini, setiap anggota tim dapat menjalin koordinasi lebih baik mengenai tupoksi masing-masing, sehingga pada saatnya nanti semua dapat bergerak dan bekerja optimal,” katanya.

Endang mengutarakan, dari informasi prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang didapatnya, intensitas curah hujan di Kota Tangerang baru terjadi pada bulan Januari 2014.

“Walaupun masih cukup lama, namun perlu persiapan sejak dini,” katanya. (ges)