Anggota DPR RI Zulfikar, Sosialisasikan 4 Pilar di Kantor Kecamatan Pinang

Anggota DPR RI Zulfikar, Sosialisasikan 4 Pilar di Kantor Kecamatan Pinang, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Anggota DPR RI Zulfikar, Sosialisasikan 4 Pilar di Kantor Kecamatan Pinang, Berita532

Zulfikar saat menjelaskan tujuan dari sosialisasi 4 Pilar di Kantor Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.
Zulfikar saat menjelaskan tujuan dari sosialisasi 4 Pilar di Kantor Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

TRUST PINANG-Sekretaris Poksi Komisi VII Fraksi Demokrat DPR RI 2019-2024, Zulfikar H, S.H, menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Aula Kantor Kecamatan Pinang Jumat (29/11/2019).

Menurut Bang Zul panggilan akrab wakil rakyat ini, digelarnya kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dalam rangka merekatkan elemen di masyarakat pasca perhelatan Pileg dan Pilpres 2019.

“Pasca Pileg dan Pilpres serta pelantikan eksekutif dan legislatif lalu, kita harus memberi pemahaman kepada masyarakat agar tidak terpolarisasi dalam perbedaan pilihan politik,” kata Zulfikar.

Anggota DPR RI Dapil Banten III ini, mengimbau kepada para peserta sosialisasi yang hadir serta seluruh komponen bangsa, termasuk stakeholder untuk berprilaku sejuk dan merekatkan kembali perbedaan di masyarakat karena pilihan politik saat pemilu lalu agar tercipta suasana kondusif, damai dan sejuk di masyarakat.

Lanjut Bang Zul, perbedaan didalam suasana pemilu adalah wajar, karena memang ada beda pilihan. Tetapi, karena pemilu sudah usai dan roda pemerintahan baru sudah berjalan, maka sudah saatnya kerukunan umat dan interaksi antar warga dipererat dalam bingkai kebersamaan dan kekeluargaan.

“Kita harus bangun dan jaga harmonisasi dan kerukunan. Masyarakat wajib memahami nilai-nilai empat pilar bangsa yang menjadi dasar dan tegakan berdirinya Negara Republik Indonesia sampai kapanpun,” ungkapnya.

Zulfikar menjelaskan, bila kita ingin melihat bagaimana nilai-nilai Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI bisa dipahami secara utuh oleh masyarakat. Maka perlu adanya kesadaran dari semua pihak untuk membumikan empat pilar itu.

Politisi Partai Demokrat ini meyakini, sosialisasi empat pilar ini, memiliki makna strategis untuk menumbuhkan nilai-nilai kesadaran keindonesiaan dan nasionalisme bangsa. Perlu kesadara dan pendidikan politik di masyarakat agar empat pilar itu membumi dalam budaya politik. Dengan budaya politik yang baik sesungguhnya menghadirkan dialektika dalam kedewasaan politik.

“Masa depan Indonesia bukan tergantung dari elite politiknya. Tetapi, partisipasi semua elemen masyarakat dalam berkontribusi untuk kemajuan Indonesia. Sebagai warga bangsa hadir ditengah tengah negara dengan berbuat sesuatu dan menciptakan kreativitas positif pada lingkup kecil di wilayah. Masyarakat itu penting sebagai motor penggerak di lingkungan untuk memberi sumbangsih baik besar maupun kecil dan hakekatnya memberi energi bagi martabat bangsa,” jelas Zul.

Acara sosialisasi empat pilar itu menghadirkan pembicara ahli, Tukidi, S.E., S. Kom., MM. dan Marah Bagun yang juga Founder Indonesia Harus Berkibar yang membahas tentang makna empat pilar berbangsa bagi Bela Negara.

Acara sosialisasi ini mendapat sambutan antusias dari tokoh dan masyarakat kecamatan pinang kota tangerang provinsi banten. Dihadiri sekitar 150 orang dari berbagai unsur. Hadir dalam gelaran event itu, diantaranya Camat, Kapolsek, para lurah dan tokoh masyarakat, serta unsur pemuda dan masyarakat. (rls/dik)

 

 

www.trustkota.com
www.trustkota.com