67.349 Narapidana Dapat Remisi di Hari Kemerdekaan

67.349 Narapidana Dapat Remisi di Hari Kemerdekaan, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, 67.349 Narapidana Dapat Remisi di Hari Kemerdekaan, Berita673

67.349 Narapidana Dapat Remisi di Hari Kemerdekaan, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, 67.349 Narapidana Dapat Remisi di Hari Kemerdekaan, 673, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, 67.349 Narapidana Dapat Remisi di Hari Kemerdekaan

Menteri Hukum dan Ham RI, Amir Syamsudin dan Gubernur Provinsi banten, Ratu Atut Chosiyah, saat menyerahkan remisi, di Lapas Anak Tangerang., Sabtu (17/08/2013).
Menteri Hukum dan Ham RI, Amir Syamsudin dan Gubernur Provinsi banten, Ratu Atut Chosiyah, saat menyerahkan remisi, di Lapas Anak Tangerang., Sabtu (17/08/2013).

TRUSTKOTACOM – Dihari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-68, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi Umum kepada 67.349 narapidana se-Indonesia. Sebanyak 65.152 narapidana mendapat remisi umum I (masih menjalani pidana) dan sebanyak 2.197 narapidana mendapat remisi umum II (Bebas)

Pemberian remisi kepada narapidana dan anak pidana ini diatur dalam Undang-Undang No.12/1995, tentang pemasyarakatan, PP No.32/1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan pemasyarakatan beserta perubahannya serta Kepres No.174/1999 tentang Remisi.

Demikian disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Lembaga Permasyarakatan (Lapas) provinsi banten, Bambang Krisbanu dalam acara penyerahan remisi dan ijazah di Lapas kelas II A anak pria Tangerang, yang juga dihadiri langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi manusia (Menkumham) Amir Syamsudin dan Gubernur Provinsi Banten Ratu Atut Chosiah.

Untuk remisi umum hari kemerdekaan RI tahun 2013 diwilayah Provinsi Banten sendiri, ada sebanyak 4012. Diantarannya 3839 orang yang mendapat remisi umum I dan 173 orang mendapat remisi umum II.

Sementara, untuk Lapas kelas I Tangerang (remisi umum I sebanyak 1085 orang, remisi umum II sebanyak  32 orang). Lapas kelas II Pemuda Tangerang (remisi umum I sebanyak 1217 orang, remisi umum II sebanyak 38 orang). Lapas kelas II wanita Tangerang (remisi umum I sebanyak 195 orang, remisi umum II sebanyak 3 orang). Lapas kelas II A anak pria Tangerang (remisi umum I sebanyak 138 orang, remisi umum II sebanyak 3 orang). Dan Lapas kelas II B anak wanita tangerang, remisi umum I sebanyak 171 orang, remisi umum II sebanyak 2 orang.

Dalam sambutannya, Menteri Hukum dan Hak Asasi manusia (Menkumham) Amir Syamsudin mengimbau, kepada seluruh jajaran petugas lapas/rutan agar lebih peka dalam menjaga dan mengontrol peredaran narkoba didalam Lapas.

“Untuk itu saya perintahkan kepada seluruh jajaran lapas untuk bekerja dengan baik. Karena saya atas nama Kementerian Hukum dan HAM, akan menindak tegas apabila ada petugas yang terlibat dalam hal-hal tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Provinsi Banten Ratu Atut Chosiah mengucapkan terimakasih kepada Kemenkumham yang telah memberikan remisi bagi para warga binaan, khususnya yang ada diwilayah Provinsi Banten.

“Saya selaku Gubernur Banten, mengucapkan terima kasih atas remisi umum yang diberikan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dan kepada warga binaan diwilayah Banten yang telah mendapat remisi, semoga dapat menjadi manusia yg berguna setelah kembali ke masyarakat. Sementara, bagi yang belum mendapat remisi semoga nanti kedepannya mendapat rekomendasi remisi,” pungkasnya. (ges)