4 Miliar Untuk Marching Band di Belanda

4 Miliar Untuk Marching Band di Belanda, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, 4 Miliar Untuk Marching Band di Belanda, Berita272

4 Miliar Untuk Marching Band di Belanda, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, 4 Miliar Untuk Marching Band di Belanda, 272, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, 4 Miliar Untuk Marching Band di Belanda

Ilustrasi
Ilustrasi

TRUSTKOTACOM – Pemerintah Provinsi Banten menyiapkan dana hingga Rp 4 miliar untuk mempersiapkan Marching Band Gita Surosowan dalam World Music Contest (WMC), di Kerkrade, Belanda yang akan digelar 27-28 Juli 2013 mendatang. Marching Band Gita Surosowan akan mewakili Indonesia dipentas olimpiade musik yang digelar empat tahunan tersebut.

Kepala Bagian Rumah Tangga Biro Umum Provinsi Banten Yadi Mulyadi mengatakan, anggaran yang disiapkan untuk kegiatan tersebut mulai pelatihan, akomodasi dan transportasi ke Belanda, Pemprov Banten menyiapkan anggaran sekitar Rp4 miliar. “Anggaran yang disipakan secara keseluruhan sekitar Rp 4 miliar, itu dari APBD Banten.Sampai saat ini kontribusi dari pusat belum ada, karena memang kami juga tidak mengajukan ke pusat,” ujar Yadi, Minggu (5/5/2013).

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten Rano Karno mengatakan, Marching Band Gita Surosowan akan mengikuti olimpiade musik sedunia yang digelar empat tahunan di Belanda pada 21 hingga 28 Juli 2013. Olimpiade itu akan diikuti sekitar 21 negara diantaranya Jerman, Amerika, Jepang, Thailad dan sejumlah negara lainnya.

“Kami sedang mempersiapkan diri dengan matang karena ini akan membawa harum dan nama baik bangsa Indonesia serta khususnya Provinsi Banten di pentas dunia. Apalagi jika kita ditakdirkan menjadi juara,” kata Rano yang juga Pelindung Marching Band Guta Surosowan Provinsi Banten usai memberikan pengarahan kepada 138 peserta yang akan dikirim ke Belanda.

Dijelaskan Rano, world music contest 2013 yang akan digelar di Belanda tersebut akan dihadiri sekitar 750 ribu orang dari peserta perwakilan negara lain dan juga para pengunjung. “Tim yang akan berangkat pada 21 Juli 2013 mendatang sekitar 185 orang termasuk 138 orang diantaranya adalah peserta kontes,” terangnya.

Rano meminta kepada para peserta dan juga seluruh pendamping untuk mempersiapkan diri dengan matang, baik secara fisik dan juga mental melalui berbagai latihan. Sebab, kondisi cuaca yang berbeda antara Indonesia dan Belanda serta jarak tempuh perjalanan yang cukup lama, jangan sampai mengganggu penampilan para peserta saat pelaksanaan kontes. “Marching Band Gita Surosowan akan bersaing dengan marching band asal Amerika,” ujarnya.

Rano mengaku bangga dengan berbagai prestasi yang sudah diraih Marching  Band Gita Surosowan, karena sebelumnya marching  band ini telah merebut jura nasional atau peringkat pertama pada kejuaraan Grand Prix Marching Band tahun 2012 dan juga kejuaraan yang digelar di Malaysia pada 2010 lalu. “Berbagai prestasi serta medali telah diraih sejak 2007 lalu,” kataya.

Rano mengatakan, pekan sebelumnya sudah bertandang ke Belanda untuk melihat kondisi lokasi World Music Contest 2013. “Saya akan berangkat tanggal 18 Juli 2013, untuk menyiapkan berbagai kebutuhan para pemain yang akan pentas disana,” ujarnya.  (teg)