Bappeda Rapat Gelar Pembangunan Desa dan Kecamatan Tahun 2022.

Bappeda Rapat Gelar Pembangunan Desa dan Kecamatan Tahun 2022., www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bappeda Rapat Gelar Pembangunan Desa dan Kecamatan Tahun 2022., Berita904

RKPD Tahun 2022 dilakukan dengan Video Conference dari Gedung BAPPEDA, Tigaraksa Kabupaten Tangerang.
RKPD Tahun 2022 dilakukan dengan Video Conference dari Gedung BAPPEDA, Tigaraksa Kabupaten Tangerang.

TRUST TIGARAKSA – Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), menggelar rapat persiapan pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa dan Kecamatan Tahun 2022, Senin (18/01/2021).

Musyawarah Rencana Pembangunan Desa dan Kecamatan (Musrenbang) dilakukan secara daring. RKPD Tahun 2022 dilakukan dengan Video Conference dari Gedung BAPPEDA, Tigaraksa Kabupaten Tangerang.

Seluruh Perangkat Daerah diminta agar segera menyusun Rancangan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Tahun 2022 serta mengambil langkah  persiapan pelaksanaan sesuai jadwal yang sudah ditentukan dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

RKPD ini, merupakan mekanisme perencanaan tahunan dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif dan transparan.

Musrenbang Desa dan Kecamatan dalam rangka untuk menyusun Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 ini, dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang Tangerang, Taufik Emil dan dihadiri oleh para Kepala Bidang dan Kepala Dinas seluruh Perangkat Daerah, Camat, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan dan Kasubbag Program Pelaporan dan Keuangan serta Fasilitator Kecamatan se-Kabupaten Tangerang.

Semua hadir dari tempatnya masing-masing melalui Video Conference. Dalam rapat itu, Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang Taufik Emil meminta Pemerintah Kecamatan membentuk Panitia Musrenbang Desa Kelurahan dan Kecamatan.

” Hasil Musrenbang akan menjadi bahan penyusunan rencana kerja (renja) perangkat daerah, dengan mengacu pada Renstra Perangkat Daerah” tutur Taufik Emil.

Kebijakan pembangunan daerah Kabupaten Tangerang Tahun 2022, tidak terlepas dari visi dan misi Kabupaten Tangerang yang terumus dalam (RPJMD)  Tahun 2019-2023. Hasil evaluasi RKPD 2020, serta hasil evaluasi Renja pada dan capaian Renstra pada tahun lalu.

Renja pada tahun 2022 merupakan tahun keempat dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Renstra pada Tahun 2019-2023 yang akan memuat sasaran, strategi, arah kebijakan, program dan kegiatan Perangkat Daerah.

Penyusunan Renja Perangkat Daerah Tahun 2022 dengan mengoperasionalkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan Kabupaten Tangerang Tahun 2022 sebagaimana tertuang dalam Rancangan Awal RKPD Kabupaten Tangerang Tahun 2022.

Pembangunan Infrastruktur, Pemberdayaan Ekonomi, Kesehatan, kualitas SDM dan peningkatan Tata kelola pemerintahan masih menjadi prioritas arah pembangunan 2022.

Mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan, tantangan dan peluang masyarakat Kabupaten Tangerang, maka Tema Pembangunan Kabupaten Tangerang Tahun 2022 yaitu peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan produktivitas usaha ekonomi kerakyatan, Ekonomi dan sumber daya untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Isu Strategis Kabupaten Tangerang Tahun 2022, mulai dari Pembangunan infrastruktur untuk perekonomian dan kemudahan aksesibilitas, Peningkatan perekonomian masyarakat, Pembangunan berbasis sumber daya manusia yang berkualitas.

Prioritas pembangunan Kabupaten Tangerang tahun 2022 diarahkan pada percepatan Pembangunan Insfrastruktur, Pemberdayaan Ekonomi, Peningkatan Kualitas SDM dan Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan.(hms/red)