21 Napi Rutan Klas I Tangerang Mendapat Remisi Bebas dalam HUT RI ke 72

21 Napi Rutan Klas I Tangerang Mendapat Remisi Bebas dalam HUT RI ke 72, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, 21 Napi Rutan Klas I Tangerang Mendapat Remisi Bebas dalam HUT RI ke 72, Berita922

Prosesi pemberian remisi kepada tahanan di Rutan Jambe (Sherly/TRUSTKOTA.com)
Prosesi pemberian remisi kepada tahanan di Rutan Jambe (Sherly/TRUSTKOTA.com)

TRUSTKOTA TANGERANG – Sebanyak 21 napi atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menerima Remisi langsung bebas dari Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia, Kamis (17/8/2017).

Pemberian remisi umum yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun RI ke-72 tersebut turut dihadiri Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar.

Kepala Rutan Klas 1 Tangerang Masjuno mengatakan, dari ratusan WBP yang mendapatkan remisi terdapat 21 napi yang mendapatkan bebas hukuman penjara.

“Ada WBP dinyatakan langsung bebas sedangkan, yang lainnya menjalankan masa remisi sesuai yang didapatkannya mulai dari 1 sampai 3 bulan,” ungkap Masjuno.

Dalam pemberian remisi tersebut, lebih banyak didapati oleh warga yang terlibat kasus pidana umum.

“Ada kasus narkotika dan kejahatan konvensional. Untuk yang pindana khusus, tidak terlalu banyak yang dapat remisi karena ada aturan tersendiri. Sementara, untuk mendapatkan remisi WBP harus mengikuti sejumlah syarat administratif sesuai aturan dan substantif seperti, berkelakuan baik dan ikuti program yang ada di Rutan,” papar Masjuno.

Terpisah, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar berharap dengan pemberian remisi para WBP dapat menggunakan kesempatan tersebut untuk bertemu dengan keluarga.

“Saya harap untuk WBP yang langsung bebas bisa mengambil hikmah dari kesalahan yang pernah dilakukan dan tidak mengulanginya. Untuk yang dapat remisi satu sampai tiga bulan bisa memanfaatkan waktu tersebut dengan baik,” ungkapnya.

Diketahui, sebanyak 409 WBP mendapatkan remisi umum RU-1 dengan kategori pengurangan masa hikuman mulai dari 1 hingga 3 bulan sebanyak 388 WBP dan RU-2 dengan kategori langsung bebas sebanyak 21 WBP. (ayi/gie)

www.trustkota.com
www.trustkota.com
www.trustkota.com
www.trustkota.com
www.trustkota.com