146 Warga Lebak Terserang DBD, Tiga Orang Tewas

146 Warga Lebak Terserang DBD, Tiga Orang Tewas, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, 146 Warga Lebak Terserang DBD, Tiga Orang Tewas, Berita541

146 Warga Lebak Terserang DBD, Tiga Orang Tewas, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, 146 Warga Lebak Terserang DBD, Tiga Orang Tewas, 541, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, 146 Warga Lebak Terserang DBD, Tiga Orang Tewas

dbd

TRUSTKOTACOM–Berdasarkan data di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, selama Tahun 2013 terhitung awal Januari hingga Oktober, sedikitnya 146 warga Lebak terserang DBD. Dari 146, tiga orang diantarnya meninggal dunia.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit Demam Beradarah Dengue (DBD). Pasalnya, memasuki musim hujan, wabah ini kerap datang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak Venny Iriyani mengatakan, penyakit DBD adalah penyakit akut yang disebabkan oleh infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus betina yang umumnya menyerang pada musim kemarau dan musim hujan.

Virus tersebut, lanjut Venny, menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah sehingga mengakibatkan pendarahan.

“Oleh karena itu warga harus melakukan 3M (menutup, menguras dan mengubur-red) bak-bak penampungan air yang biasanya tergenang air,” katanya, Minggu (27/10/2013).

Untuk mencegah penyakit DBD tersebut, lanjut Venny, pihaknya sudah menyebarkan serbuk abate melalui Puskesmas di 28 kecamatan se-Kabupaten Lebak.

“Penyebaran abate merupakan langkah preventif yang kita lakukan. Yang paling terpenting bagaimana warga bisa menjaga kebersihan lingkunga dan kesehatan dirinya masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Penyakit dan Penyehatakan Lingkungan (P2PL) Dinkes Lebak, dr Sri Agustina membenarkan, selama tahun 2013 ada sekitar 146 warga Lebak yang terserang DBD, tiga diantaranya meninggal dunia.

“Ya benar kasus tersebut terjadi sejak bulan Januari hingga Oktober ini. Kasus terakhir terjadinya DBD menyerang warga di wilayah Kecamatan Cibadak beberapa waktu yang lalu,” terangnya. (yar)